oleh

Gaya Berjalan Dapat Pengaruhi Mood Seseorang?

Kabar6-Tiap orang memiliki gaya berjalan yang berbeda. Dan hal itu juga yang kadang menjadi ciri khas sesseorang. Nah, sebuah penelitian yang dilakukan di Kanada menemukan bahwa hanya dengan mengubah cara berjalan, maka Anda pun akan merasa lebih bahagia.

Benarkah demikian? Para peneliti meminta sekelompok orang untuk mengubah gaya atau cara berjalannya menjadi gaya berjalan ‘sedih’, di mana para peserta pada kelompok ini diminta untuk berjalan dengan membungkuk, bahu mengarah ke depan, dan tidak terlalu banyak mengayunkan tangan.

Sementara itu, para peneliti pun meminta kelompok lainnya untuk berjalan dengan gaya ‘bahagia’, di mana gerakan mengayunkan tangan lebih banyak, bahkan sambil sedikit melompat-lompat. Setelah mengubah gaya berjalan, para peneliti pun meminta para peserta penelitian untuk melakukan sebuah pemeriksaan daya ingat.

Hasilnya, melansir Menshealth, para peserta penelitian yang diminta berjalan dengan gaya sedih lebih banyak mengingat kata-kata negatif dibandingkan dengan peserta penelitian lainnya yang diminta untuk berjalan dengan gaya bahagia. Perubahan apa yang diingat seseorang ini sangatlah penting karena turut berperan dalam timbulnya gejala depresif.

Seseorang yang sedang mengalami depresi cenderung untuk mengingat berbagai kejadian negatif dan memfokuskan perhatian mereka pada kejadian tersebut, yang membuat mood mereka menjadi buruk.

Para peneliti menduga, dengan mengubah gaya berjalan atau cara seseorang bergerak, maka hal ini dapat mempengaruhi bagaimana otak Anda memproses suatu informasi. ** Baca juga: Ada Alasan Ilmiah Mengapa Pria dan Wanita Jatuh Cinta

Karena itulah, apabila ingin memperbaiki mood yang sedang buruk, ubahlah gaya berjalan Anda sehingga akan merasa lebih baik.(ilj/bbs)

Berita Terbaru