oleh

Gawat! Jarang Gosok Gigi Berpotensi Pikun

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Tidak hanya fokus pada perawatan tubuh, Anda juga wajib peduli dengan kesehatan gigi. Sebuah penelitian dilakukan selama 15 tahun terhadap 5.400 peserta. Hasilnya, mereka yang jarang menyikat gigi bisa berpotensi mengalami masalah kelainan otak atau dikenal dengan demensia. Dilansir Grid, seiring dengan bertambahnya usia, penyakit demensia bisa berubah menjadi lebih parah yaitu alzheimer, yang membuat penderitanya sering lupa atau menjadi pikun.

Kondisi tersebut disebabkan karena daya ingat mereka yang menurun drastis dan tak berfungsi seperti dulu. Penyebabnya adalah mulut merupakan pintu gerbang masuk ke seluruh bagian tubuh.

Nah, ketika ada kuman atau bakteri yang mengendap dan berkembang biak akibat sisa makanan yang tertinggal dalam jangka waktu lama, maka sangat mungkin bakteri ‘jahat’ lambat laun masuk ke dalam aliran darah.

Hal ini menyebabkan suatu kondisi yang disebut baktermia, yaitu keberadaan bakteri jahat dalam darah. Kondisi ini bisa menyebabkan infeksi pada paru-paru dan jantung, yang juga akan memicu peradangan di lokasi tubuh lainnya, salah satunya otak. Ketika bakteri ‘menyerbu otak’, maka sangat mungkin masalah kelainan otak terjadi. ** Baca juga: Perhatikan Tanda Tubuh Sudah Lelah

Studi yang diterbitkan dalam Journal of American Dental Association ini juga menemukan fakta bahwa mereka yang jarang sikat gigi, berpotensi kuat mengalami kondisi kehilangan gigi saat tua nanti.(ilj/bbs)

Berita Terbaru