oleh

Gara-gara Tumpahkan Kopi di Kokpit, Pilot Ini Lakukan Pendaratan Darurat

Kabar6-Sebuah pesawat yang mengangkut sekira 337 penumpang melakukan pendaratan darurat di Irlandia. Bukan karena mesin rusak atau masalah teknis lain, pendaratan tersebut dilakukan karena pilot tidak sengaja menumpahkan kopi di kokpit.

Pesawat airbus A330-243 yang terbang dari Frankfurt, Jerman, menuju Cancun, Meskiko, dan hendak melintasi Samudra Atlantik ini terpaksa mendarat di Shannon karena masalah tadi.

Kopi yang dijatuhkan pilot, melansir indianexpress, menyebabkan kokpit mengalami kerusakan. Hal tersebut ditandai dengan munculnya asap dan bau seperti sirkuit terbakar. Pilot sempat mengalami kesulitas berkomunikasi, karena kopi yang tumpah juga mengenai panel audio. Organisasi non-profit Flight Safety Foundation mengatakan, pesawat tersebut berasal dari maskapai Condor Airlines yang dioperasikan oleh Thomas Cook Airlines.

Diungkapkan, kapten pesawat tengah memperhatikan kopilot saat berada di Samudra Atlantik. Ketika pramugari datang dan menyajikan kopi, pilot itu pun langsung menaruhnya di atas nampan. Padahal, Airbus sering memperingatkan para pilot agar meletakkan minuman pada tempat khusus karena nampan sangat mudah terbalik.

Benar saja, nampan itu terbalik sehingga kopi pun tumpah yang tidak hanya mengotori seragam pilot, juga mengenai Panel Pengaturan Audio (ACP).

Sejumlah cairan masuk ke ACP1 dan ACP2 yang membuat dua panel tersebut panas dan mengeluarkan asap. Sadar akan situasi ini, sang pilot langsung mengenakan masker dan melakukan pendaratan darurat. ** Baca juga: Agar Terhindar dari Lalat, Peternak di Jepang Cat Sapi Mereka Menyerupai Kuda Zebra

Beruntung, pesawat bisa mendarat dengan selamat dan seluruh penumpang. Disebutkan, karena insiden itu kerugian yang dialami pihak maskapai mencapai sekira Rp173,8 juta.(ilj/bbs)

Berita Terbaru