oleh

Gara-gara Suhu Ekstrem, Banyak Iguana Jadi Beku & Berjatuhan dari Pohon di Florida

Kabar6-Akibat suhu dingin esktrem yang terjadi pada bagian utara Bumi, terutama di belahan utara Amerika, banyak kolam, danau, bahkan hujan yang turun langsung menjadi es dan juga salju.

Ternyata bukan hanya manusia saja yang menjadi ‘korban’ suhu dingin ekstrem tersebut, di Florida banyak sekali iguana yang jatuh dari tempatnya bertengger, dan menyebabkan banyak penduduknya khawatir.

Dalam kondisi cuaca minus hingga 40 derajat Celcius, seperti dilansir Foxnews, banyak iguana hijau yang umum ditemukan di pinggiran kota Miami membeku. “Jangan berasumsi bahwa mereka sudah mati,” kata Kristen Sommers, yang mengawasi program ikan dan satwa liar untuk Florida Fish and Wildlife Conservation Commission.
“Mereka akan jatuh dari pohon. Mereka akan berakhir di daerah di mana mobil Anda berada, tempat parkir, daerah di mana mereka tertegun,” kata Emily Maple, penjaga reptil di Kebun Binatang Palm Beach County, CBS12 melaporkan.

Ditambahkan Maple, “Jika hanya satu atau dua hari mereka benar-benar membeku. Mereka masih bisa bernapas. Mereka masih bisa melakukan fungsi tubuh yang sangat lambat.”

Kolumnis Palm Beach Post Frank Cerabino men-tweet, foto seekor iguana yang terbaring di samping kolam renangnya. Disebutkan, iguana akan mulai lesu saat suhu di bawah 40 derajat Celcius. Jika suhu turun lagi, iguana akan membeku. “Terlalu dingin bagi mereka untuk bergerak,” kata Sommers.

Penduduk disarankan untuk membiarkan iguana yang membeku, karena jika salah penanganan justru mengancam nyawa hewan tersebut. ** Baca juga: Demi Biaya Pengobatan Anaknya, Pria Ini Jual Pelukan Seharga Rp19 Ribu

Diketahui, iguana hijau adalah salah satu spesies invasif di Florida yang bisa tumbuh lebih dari satu meter panjangnya. Kotoran iguana bisa menjadi sumber potensial bakteri salmonella, yang menyebabkan keracunan makanan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru