oleh

Gara-gara Sapi, Kereta Semi Cepat India yang Baru Sehari Diresmikan Alami Kerusakan

Kabar6-Kereta semi cepat milik India bernama Vande Bharat Express mengalami kerusakan sehari setelah diresmikan. Bagaimana hal ini bisa terjadi, dan apa yang menjadi penyebabnya?

Vande Bharat Express diresmikan oleh Perdana Menteri India, Narendra Modi. Nahas, sehari setelah peresmiannya, Vande Bharat Express mengalami kerusakan setelah seekor sapi mengganggu jalur keretanya.

Menurut keterangan dari Indian Railways, melansir Gulfnews, dalam perjalanan pulang Vande Bharat Express keesokan harinya, seekor sapi mengganggu jalurnya. Hewan tersebut tersebut merusak suplai listrik ke kereta hingga merusak sistem kereta. Juru bicara Indian Railways, Smita Vats Sharma, mengatakan bahwa ‘Kereta mengalami masalah teknis dan mogok dalam perjalanan ke New Delhi’.

Meski sempat rusak karena kendala teknis ini, Vande Bharat Express akhirnya bisa tiba di New Delhi dengan selamat. Disebutkan, kerusakan Vande Bharat Express bukanlah kejadian yang mengherankan, sebab kendala di jalur kereta api di India adalah hal biasa yang ditemukan. Terutama di wilayah negara bagian Uttar Pradesh, tempat Vande Bharat Express mogok.

Perdana Menteri Modi sendiri telah menggembar-gemborkan kampanye menyembelih sapi. Hal ini dilakukan karena populasi sapi di India semakin membludak. Kampanye yang diluncurkan Modi ini menjadi kontroversi karena sapi dianggap sebagai hewan suci bagi umat Hindu.

India sendiri sebenarnya masih tertatih-tatih dalam upayanya memperbaiki serta meningkatkan sistem kereta api. Tidak sedikit rel kereta api di India yang sudah mengalami keretakan karena merupakan peninggalan zaman penjajahan, dan belum ada pembaharuan.

Negara ini membutuhkan kereta untuk mobilitas 23 juta penumpang setiap harinya. Oleh sebab itu, India sangat membutuhkan perbaikan dan pembaruan pada sistem kereta api sehingga keamanan dan kenyamanan para penumpang bisa lebih terjamin.

Vande Bharat Express sendiri memiliki kecepatan hingga 180 kilometer per jam. Otoritas Indian Railways mengatakan, Vande Bharat Express diharapkan mampu menghemat waktu tempuh dua kota.

Waktu tempuh yang biasanya memakan waktu hingga 14 jam, berkat Vande Bharat Express hanya menjadi delapan jam. ** Baca juga: Tradisi Unik Perayaan Idul Fitri di 4 Negara

Diketahui, transportasi kereta api di India adalah salah satu yang paling padat di dunia. Ratusan penumpang yang tidak mendapatkan tempat, kerap memaksa naik meski kapasitas kereta api sudah tidak bisa menampung.

Karena itulah India memang sangat membutuhkan perombakan dalam sistem kereta api.(ilj/bbs)

Berita Terbaru