oleh

Gara-gara Reagen, Airin Semprot Plt Kadinkes Tangsel

Kabar6-Bertepatan dengan perayaan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-50, Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany, memarahi anak buahnya terkait keluhan yang sering ia terima.

Kemarahannya kali itu terkait habisnya stok cairan reagen di semua unit pelayanan kesehatan.

“Malu saya, dimana-mana terpampang spanduk, billboard, atau apapun yang menyatakan kalau pengobatan gratis di tiap Puskesmas dan RSUD. Tapi nyatanya, di kedua tempat itu habis reagen-nya,” kata Airin di Puspiptek, Kecamatan Setu, Selasa (17/11/2014).

Perlu diketahui, reagen atau dikenal juga dengan Reaktan merupakan istilah yang sering digunakan di dunia kimia. Reagen memiliki banyak kegunaan dan sebagian besar melibatkan menyelamatkan nyawa aplikasi.

Zat atau dua zat membuat, mengukur atau membangun keberadaan reaksi kimia dengan bantuan reagen. Reagen biasanya dimaksudkan untuk tujuan penelitian, bahan baku dalam biologi molekuler, penggunaan forensik, ayah tes, tes darah atau serologi, gram pengujian, imunologi, dan farmasi.

Tak pelak, kemarahan Airin membuat pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan, Suharno kalang kabut. Dia langsung menanyakan proses pengadaan cairan reagen untuk puskesmas dan RSU kepada jajarannya.

Menurut Soeharno, bila saat ini proses pengadaan reagen sudah masuk pada tahap lelang. Dia pun menjamin, kalau bulan depan atau Desember, reagen yang diminta Airin akan segera diadakan. **Baca juga: Lurah di Pamulang Diduga Terlibat Pencaplokan Situ Tujuh Muara.

“Benar ya bulan depan. Jangan sampai meleset!” tegas Airin menuntut kepastian.(yud)

Berita Terbaru