oleh

Gara-gara Lembur 159 Jam, Seorang Wanita Asal Jepang Meninggal Dunia

Kabar6-Seorang reporter wanita dari NHK, salah satu stasiun televisi ternama di Jepang, meninggal dunia gara-gara terlalu banyak lembur. Bayangkan saja, reporter bernama Miwa Sado (31) ini diketahui meninggal dunia setelah bekerja lembur selama 159 jam sebulan sebelumnya.

Karena bekerja dengan berlebihan, melansir theguardian, Sado pun terkena serangan jantung. Sebenarnya, kasus ini terjadi pada 2013 lalu. NHK pun berjanji akan mengubah sistem kerja di perusahaan mereka, khususnya bagi para reporter. Di Jepang, kematian yang disebabkan oleh bekerja dengan berlebihan disebut sebagai karoshi’. Hal yang menjadi masalah sebuah penelitian oleh pemerintah setempat membuktikan bahwa satu dari lima pekerja di Jepang berisiko jatuh sakit atau bahkan meninggal dunia gara-gara bekerja dengan berlebihan.

Sebelumnya, kasus yang serupa menimpa Matsuri Takahashi pada 2015 silam. Hanya saja, Matsuri memilih untuk bunuh diri karena sudah tidak tahan dipaksa bekerja terus-menerus oleh agensi iklan tempatnya bekerja. Takahashi bahkan disebut-sebut harus bekerja lembur sampai 105 jam yang membuatnya depresi dan akhirnya bunuh diri. ** Baca juga: Tahan Bersin Malah Bikin Pria Ini Tidak Bisa Bicara

Kasus karoshi di Jepang kini telah dianggap sebagai masalah sosial yang serius. Pada 2014, telah ada undang-undang yang diharapkan mampu mengubah kondisi kerja masyarakat Jepang menjadi lebih baik. Sayang, undang-undang tersebut tidak memaksa perusahan untuk menjalankannya hingga saat ini.(ilj/bbs)

Berita Terbaru