oleh

Gapoktan Anggrek di Tangsel Dijanjikan Bantuan Pompa Air

Kabar6-Curahan hati alias curhat warga di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) budidaya tanaman anggrek hias, ternyata tidak bertepuk sebelah tangan.

Itu karena, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, memberikan respon positif dengan janji segera membantu warga lewat hibah pompa air.

Sambil berbincang-bincang dengan warga petani anggrek, Airin memastikan segera membantu memberikan hibah bantuan alat yang dibutuhkan. Melalui bantuan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Tangerang Selatan, siap disalurkan sebanyak 10 unit mesin.

“Tolong Pak Kadis (Dadang Raharja) disediakan untuk di perubahan (APBD Perubahan 2014) ini pompa air buat para petani anggrek,” pesan Walikota Airin melalui sambungan selularnya.

Ini setelah ia mendengarkan keluh-kesah sebanyak 21 kepala keluarga yang telah resmi menjadi petani binaan. Masalah umum yang dihadapi petani tanaman hias anggrek setiap musim kemarau yakni menyusutnya hasil panen.

“Iya, pastinya akan kita bantu,” janji Airin singkat sambil berkeliling melihat-lihat lahan area tanaman anggrek hias milik warga.

Di tempat sama, Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Tangsel Kawakibi menyarankan kepada kelompok tani anggrek tersebut untuk membuat proposal penyediaan pompa air.

“Kita usahakan anggaran perubahan menyediaan mesin air untuk petani anggrek,” jelasnya.

Bantuan ini diberikan untuk petani mengantisipasi selama menghadapi musim kemarau berkepanjangan. “Anggrek harus cukup air karena media tanamnya jangan sampai kering,” ujarnya. **Baca juga: Hasil Panen Merosot, Petani Anggrek Curhat ke Airin.

Sedangkan untuk mengatasi masalah ini, pihaknya akan memberikan bantuan pasokan air sementara. “Saat ini terdapat 40-50 kelompok tani khusus anggrek,” lanjutnya.(yud)

Berita Terbaru