oleh

Gaokao Disebut Sebagai Ujian Standarisasi Tersulit di Dunia

Kabar6-Setiap calon mahasiswa tentu akan merasa deg-degan saat menempuh ujian untuk masuk perguruan tinggi yang diimpikan. Nah, ada satu ujian yang paling ditakuti, dan disebut sebagai ujian paling sulit di dunia.

Ujian yang dimaksud bernama Gaokao, ujian masuk perguruan tinggi di  Tiongkok. Mengapa disebut paling sulit dan ‘menyeramkan’? Melansir idntimes, berikut sejumlah fakta tentang Gaokao:

1. Pelajar bunuh diri karena gagal ujian Gaokao
Tekanan yang dirasakan para peserta Gaokao sangatlah besar. Terlebih, Tiongkok sangat menjunjung tinggi status dan pendidikan. Hal ini menyebabkan tingkat bunuh diri juga tinggi.

Pada 2013, seorang wanita muda berusia 20 tahun bunuh diri setelah gagal ujian Gaokao untuk kedua kalinya. Ia meninggalkan surat permohonan maaf karena telah mengakhiri hidup.

Kemudian pada 2017, seorang pelajar sengaja bunuh diri pada hari pertama ujian Gaokao, bahkan sebelum ujian itu dimulai. Diduga, pelajar tersebut mengalami stres karena terpaksa mengulang masa sekolah untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dalam ujian berikutnya.

2. Pengawasan ujian super ketat
Gaokao dianggap sebagai ujian yang sangat penting bagi warga Tiongkok. Karena itulah pengawasannya benar-benar ketat. Terdapat polisi pengawas, kamera CCTV yang dapat memantau seluruh wilayah ujian, dan pendeteksi logam, apabila terdapat kecurangan lewat alat elektronik.

Pada 2016, terdapat kasus pelajar curang dalam ujian Gaokao. Akibatnya, pelajar tersebut masuk bui hingga tujuh tahun lamanya.

3. Selain pilihan ganda, ada juga soal esai
Mayoritas ujian masuk perguruan tinggi di seluruh dunia menggunakan metode pilihan ganda. Gaokao selain pilihan ganda juga terdapat tambahan soal esai yang bisa menguras otak.

Soal esai ini dibuat untuk menguji kreativitas, pengetahuan umum, logika, hipotesis, dan kemampuan berpikir peserta ujiannya.

Contoh pertanyaan misalnya, “Bagaimana Thomas Alva Edison akan bereaksi terhadap ponsel jika dia datang ke abad ke-21?” (Gaokao, 2013). Peserta ujian wajib membuat esai 800 kata untuk menjawab pertanyaan tersebut.

4. Banyak orangtua memesan hotel dekat lokasi ujian
Menjelang hari ujian, para peserta harus dibuat senyaman mungkin. Karena itulah, orangtua rela mengeluarkan uang yang cukup banyak agar anaknya tinggal di hotel nyaman sekitar lokasi ujian. Orangtua akan memilih kamar yang tenang agar anaknya fokus belajar.

Kabarnya, para orangtua ini sudah memesan hotel dari dua hingga tiga bulan sebelum berlangsungnya ujian. Semua ini dilakukan agar anak mereka mendapatkan universitas terbaik.

5. Dari jutaan peserta, kurang dari 200 ribu peserta Gaokao yang diterima di universitas bergengsi
Pada 2019 ini, tercatat sekira 10 juta pelajar Tiongkok mengikuti ujian Gaokao. Dari 10 juta tersebut, hanya sekira 200 ribu pelajar yang diterima di universitas bergengsi di Tiongkok. ** Baca juga: Kapten Pilot Menghilang, Seorang Penumpang Ajukan Diri untuk Terbangkan Pesawat

Disebutkan, banyak yang memilih mengulang Gaokao daripada tidak mendapatkan universitas terbaik. Ujian yang bikin stres dan depresi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru