oleh

Ganespa Lakukan Operasi Bersih 7 Muara

Kabar6-Organisasi Kepemudaan (OKP) Ganespa bersama PODSi Tangerang Selatan (Tangsel) dan TEG Taman Edukasi melakukan operasi bersih 7 muara di samping Pamulang Square, Kota Tangsel.

Seorang anggota Ganespa, Rendy Payung mengatakan, operasi bersih atau opsih ini merupakan menjadi budaya dari OKP Ganespa disetiap tahunnya.

Menurutnya, Opsih 7 Muara pada kali ini luar biasa, karena 2 muara yaitu Muara Kutuk dan Muara Lendi dipenuhi dengan eceng gondok yang tertiup angin, dari muara samping Pamulang Square.

“Opsih sudah jadi budaya OKP Ganespa setiap bulan, dan opsih kali ini luar biasa karna 2 muara yaitu muara kutuk dan muara lendi dipenuhi eceng gondok yang tertiup angin dari muara samping Pamulang Square,” ujarnya kepada Kabar6.com, Sabtu (14/5/2022).

Diungkapkannya, pada opsih yang dilaksanakan pada hari ini, menurutnya kurang maksimal. Hal itu dikarenakan keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) yang hanya kurang lebih 20 anggota saja.

“Kegiatan opsih kali ini kurang maximal karena keterbatasan SDM, anggota opsih sekitar 20 orang,” paparnya.

Diterangkannya, opsih yang dilakukan rutin ini bertujuan untuk membersihkan enceng gondok yang semakin subur di Situ 7 Muara, dimana semakin subur enceng gondok berarti kadar air banyak tercemar.

**Baca juga: Warga Korban Kebakaran Pasar Ciputat Mengungsi di Musholla

Menurutnya, jika tumbuhan itu tidak dibersihkan maka secara otomatis akan mengganggu ekosistem yang berada di muara tersebut.

“Kami sebagai organisasi yang mempunyai peran serta dalam menjaga pelestarian Situ 7 Muara Pamulang bersama beberapa elemen penggiat alam dan cabor PODSI melakukan pembersihan enceng gondok tidak lupa kegiatan hari ini di hadiri juga oleh lurah pamulang barat agr asri nya situ ttp terjaga,” tutupnya.(eka)

Berita Terbaru