oleh

Gandeng PMI, Satlantas Polres Cilegon Gelar Pelatihan Penanganan Laka Lantas

Kabar6-Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cilegon bersama PMI dan masyarakat di Kota Cilegon, menggelar pelatihan penanganan korban kecelakaan lalu lintas di jalan utama Gerem, Kota Cilegon, Banten.

Dalam pelatihan dan simulasi yang melibatkan masyarakat itu, dibuat seolah-olah pengendara sepeda motor mengalami kecelakaan (laka tunggal) kemudian ditolong oleh masyarakat.

“Kami menggelar simulasi dan pelatihan laka lantas, sehingga masyarakat bisa melakukan penanganan awal dan melaporkannya kepada kami (Polres Cilegon),” kata Kanit Laka Lantas, Ipda Ardi Jarir, Minggu (19/01/2020).

Masyarakat yang tergabung dalam relawan laka lantas nantinya bersama pihak kepolisian dan PMI, akan bersama-sama menangani kecelakaan yang terjadi di jalanan. Kemudian menindak lanjuti pengobatan dan penanganan lanjutannya bersama dengan pihak kepolisian.

Pelatihan bersama relawan dan PMI diharapkan bisa mengurangi korban jiwa, dan meminimalisir terjadinya laka lantas di jalanan.

“Karena kita pihak kepolisian harus selalu bersama dengan masyarakat, untuk menjaga keamanan, ketertiban dan keselamatan di jalanan,” terangnya.

**Baca juga: 4 Balon Walikota dan Wakil Tangsel Gugur Melalui Penjaringan Gerindra Banten.

Ardi Jarir pun berharap masyarakat, terutama pengendaraan selalu tertib berlalu lintas, taat aturan dan mengutamakan keselamatan. Tidak kebut-kebutan di jalanan yang bisa mengakibatkan kecelakaan.

“Tidak perlu buru-buru di jalanan. Tetap jaga keselamatan saat berkendaraan dan jangan berkendara saat kondisi badan ataupun kendaraan tidak sehat,” jelasnya.(Dhi)

Berita Terbaru