oleh

Gadis Suriah Ditembak Mati Oleh 10 Pria Karena Tolak Nikahi Sepupunya

Kabar6-Seorang gadis asal Suriah yang diidentifikasi sebagai Eida Al Hamoudi Al Saeedo (18) mengalami nasib tragis, ditembak mati oleh 10 pria dengan senapan setelah menolak untuk menikahi sepupunya

Dalam sebuah video yang beredar, melansir thesun, Eida terlihat ditembak setelah dibawa ke sebuah desa terpencil di pinggiran Al Hakasah, sebuah kota di timur laut Suriah. Gadis itu dilaporkan telah mencoba melarikan diri dengan kekasihnya, tetapi pihak keluarga dan sukunya berhasil mengejar dan menangkap Eida. Terekam juga dalam video, Eida tampak berteriak minta tolong saat diseret oleh tiga pria yang membawa senjata.

Video tersebut kemudian menampilkan beberapa pria lain, yang berdiri di dekat sebuah rumah. Beberapa saat kemudian terdengar suara tembakan. Eida lantas ditampilkan tergeletak di tanah dan tampak berjuang untuk bangun ketika seorang pria mengarahkan pistol ke kepalanya dan menembak gadis itu hingga mati.

Jasadnya kemudian ditutup dengan selimut merah. Dalam laporan, Eida diduga dibawa ke rumah yang ditinggalkan oleh anggota suku Al-Sharabain. Menurut keterangan Observatorium untuk Hak Asasi Manusia Suriah (SOHR), Eida ditembak dalam ‘pembunuhan demi kehormatan’, setelah dia jatuh cinta dengan seorang pria muda dan menolak untuk menikahi sepupunya.

Pria tersebut dikabarkan telah melamar Eida namun keluarganya melarang pernikahan tersebut karena ia berasal dari suku yang berbeda.

“SOHR sangat mengecam kejahatan mengerikan ini yang menyerukan untuk membawa para pelaku dengan tuduhan pembunuhan dan menerbitkan video dengan nama ‘kejahatan kehormatan’,” kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan.

Pusat Dokumentasi Pelanggaran di Suriah utara mengatakan, Eida telah kelaparan dan dipukuli selama beberapa hari sebelum dieksekusi oleh keluarganya, yang juga mengidentifikasi Eida sebagai korban.

“(Dia) diserang secara brutal sampai kejahatan selesai dengan membunuhnya dengan senapan mesin dan pistol oleh lebih dari satu orang,” kata juru bicara organisasi itu.

Pria yang membuat Eida jatuh cinta dikatakan telah berhasil melarikan diri dari suku tersebut karena keluarga ‘takut akan pembalasan’ jika dia diserang. ** Baca juga: Remaja Inggris Habisi 2 Saudaranya Setelah Buat Perjanjian dengan Setan Demi Menang Lotre

“Dosanya adalah mencintai pria lain yang tidak dapat mereka sentuh karena takut akan pembalasan antara kedua keluarga,” demikian pernyataan Pusat Dokumentasi Pelanggaran di Twitter.

Video tersebut telah dikutuk secara luas oleh para aktivis dan kelompok perempuan yang menyerukan agar para pelaku diadili dan pembunuhan terhadap perempuan dihentikan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru