oleh

Fungsi Kognitif Menurun Setelah Usia 24 Tahun?

Kabar6-Fungsi kognitif adalah faktor penting dalam menentukan kualitas kehidupan seseorang. Pada kenyataannya, kemampuan kognitif atau kemampuan untuk berpikir yang optimal tidak hanya dibutuhkan oleh individu yang berusia muda, tetapi sepanjang usia.

Namun tahukah Anda, otak justru sudah mulai mengalami penurunan fungsi saat Anda selesai mengenyam pendidikan hingga jenjang sarjana? Sebuah penelitian di Kanada, melansir psmag, menemukan bahwa fungsi kognitif otak akan mulai mengalami penurunan saat Anda berusia 24 tahun. Dalam penelitian ini, para peneliti mengamati 3.305 orang yang berusia 16-44 tahun saat mereka memainkan suatu permainan strategi pada komputer (StarCraft 2).

Para peneliti menemukan, para pemain yang lebih tua membutuhkan waktu lebih lama untuk merespon berbagai hal yang terjadi dalam permainan sebelum melakukan suatu tindakan tertentu.

Meskipun penelitian ini tidak memfokuskan pada penyebab biologis, para peneliti menduga penurunan performa ini diakibatkan oleh suatu perubahan di dalam otak, yaitu pada perubahan rasio antara N-asetilaspartat (NAA) dengan kolin, yang juga terjadi pada awal usia 20 tahun. ** Baca juga: Kapan Sebaiknya Kita Mencuci Tangan?

Disebutkan, walaupun otak Anda terus berkembang seiring dengan semakin bertambahnya usia, fungsi motorik dan kognitif justru mulai mengalami penurunan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru