oleh

Fosil Telur Dinosaurus Langka Ditemukan Secara Tidak Sengaja di Daerah Pedesaan Tiongkok

Kabar6-Saat sedang berjalan-jalan di pinggiran kota Pingxiang, Provinsi Jiangxi, beberapa waktu lalu, sebanyak empat mahasiswa asal Tiongkok secara tidak sengaja menemukan fosil telur dinosaurus langka.

Berawal ketika mereka menemukan batu berbentuk aneh yang tertutup lumpur merah. Temuan tersebut, melansir mirror.co.uk, segera dilaporkan ke museum lokal untuk pemeriksaan lebih lanjut. Para pakar dari Akademi Sains Tiongkok yang dipanggil mengungkapkan, batu tersebut adalah fosil telur dinosaurus yang berasal dari zaman Cretaceous akhir antara 145 juta hingga 66 juta tahun lalu.

Penemuan fosil telur dinosaurus yang kini disimpan di sebuah museum lokal, ternyata bukan hal baru di Provinsi Jiangxi. Beberapa tahun terakhir, sejumlah fosil telah ditemukan di provinsi yang memang dijuluki ‘kampung halaman dinosaurus Tiongkok’.

Sejumlah fosil kerangka dinosaurus ditemukan di antara reruntuhan bangunan di pusat peninggalan budaya Pingxiang pada 2008 lalu. Kemudian pada April 2010, sebuah fosil telur dinosaurus dengan kulit telur ditemukan di lokasi pembangunan gedung. Pada 2017, sejumlah tumpukan telur dinosaurus yang menjadi fosil dengan sempurna ditemukan oleh pekerja konstruksi yang menggali fondasi untuk sekolah baru. ** Baca juga: Seekor Burung Bertelur Dekat Gawang Sebabkan Lapangan Sepak Bola di New Jersey Ditutup

Diketahui, kota Pingxiang dan wilayah di sekitarnya adalah salah satu daerah oviraptorosaurian paling produktif di dunia, dengan tujuh dinosaurus oviraptorosaurian (mirip burung dan berbulu) telah diberi nama berdasarkan wilayah itu.(ilj/bbs)

Berita Terbaru