oleh

Fosil Gigi Mammoth Ditemukan Seorang Bocah Asal Ohio

Kabar6-Jackson Hepner (12) tidak pernah menyangka akan menemukan fosil gigi mammoth atau gajah raksasa saat sedang bermain di sebuah sungai kecil di Ohio, Amerika Serikat.

Ketika itu, melansir news.artnet, Hepner sedang mengunjungi The Inn at Honey Run di Millersburg, Ohio, bersama keluarganya. “Ayahnya dan pamannya benar-benar menyukai sejarah alam dan memahami alam,” kata Jason Nies, pemilik penginapan itu. “Mereka dengan cepat masuk ke dunia online dan melakukan pencarian di Google, dan saat itulah kami segera mengetahui ini mungkin mammoth atau gigi mastodon.”

Keluarga Jackson dan pengelola penginapan ingin mengetahui jenis fosil kuno apa yang telah ditemukan Hepner. Mereka lalu menghubungi beberapa profesor di daerah itu, termasuk P. Nick Kardulias dari Program Arkeologi College of Wooster.

Ketika para ahli datang untuk memeriksa objek dan melihat lokasi penemuan, Jackson menggambarkan lokasi itu di sebuah buku. “Saya menemukan gigi mamut sekira 10 meter di hulu dari jembatan tempat kami memotret keluarga kami. Sebagian dimakamkan di sisi kiri sungai,” kata Hepner.

Menurut Ohio History Central, fosil mastodon dan mammoth telah ditemukan di seluruh negara bagian. Mereka punah sekira 10 ribu tahun yang lalu. Mammoth adalah jenis hewan penggembala sehingga gigi gerahamnya memiliki punggung yang halus untuk makan rumput, menurut situs National Park Service. ** Baca juga: Goliath, Katak Raksasa yang Bisa Buat Kolam Sendiri

“Kami sangat bangga menjadi situs penemuan yang luar biasa,” kata pengelola penginapan di Honey Run. Nies mengatakan, dia berharap suatu hari setelah Hepner selesai menunjukkan gigi tadi kepada teman-temannya, bocah itu akan mengembalikan fosil gigi mammoth ke penginapan untuk dipajang.(ilj/bbs)

Berita Terbaru