oleh

Forum Dialog Indah Kiat, Ketua Paguyuban CSR: 2023 Kembangkan Budidaya Ulat Maggot

Kabar6-PT. Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Tangerang membuka forum dialog bersama Paguyuban Corporate Social Responsibility (CSR) binaan.

Dalam pemaparannya, Ketua Paguyuban CSR IKPP Tangerang, Haidir, pada tahun 2023 dirinya serius dalam mengembangkan budidaya ulat maggot.

“Nanti di tahun 2023, salah satu binaan kita sudah membudidaya magot. Makanya untuk tahun depan, kita akan realisasi budi daya magot. Kalau budidaya maggot tergantung tingkat kebutuhan,” ujarnya kepada Kabar6.com di Pakulonan, Serpong Utara, Rabu (30/11/2022).

Menurutnya, maggot merupakan salah satu pakan alternatif ikan lele. Dengan adanya budi daya magot, diharapkan dapat membantu ketersediaan pakan, jika sewaktu-waktu harga pakan lele atau pelet naik harga.

“Kalau pembudidayaan lele permasalahan utama di harga pakan yang semakin hari semakin naik. Magot jadi salah satu alternatif pakan lele,” terang Khaidir.

Dijelaskan oleh Khaidir, kalau dinas pertanian kasih saran langsung jual ke konsumen, jadi masih dapat untung lebih.

**Baca juga: Gelar Forum Dialog, IKPP Tangerang Dorong Usulan Masyarakat dalam Pemanfaatan CSR

Dalam upaya berkelanjutan pemanfaatan CSR Indah Kiat tersebut, Khaidir mengaku terus melakukan monitoring terhadap kelompok binaannya.

“Saya sering monitoring, kaya ada beberapa kelompok yang tidak atau kurang produktif. Nah kalau ada yang tidak produktif, intervensinya alat yang sudah diberikan akan kita cabut lalu diberikan ke kelompok yang lebih produktif,” tutupnya.(eka)

Print Friendly, PDF & Email