oleh

Firasat Keluarga Mendekati Azyumardi Azra Tutup Usia

Kabar6-Keluarga almarhum Azyumardi Azra menyatakan sempat dapat firasat. Ketua Dewan Pers yang juga mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta periode 1998 – 2006 meninggal dunia di Rumah Sakit Kedah Selangor, Malaysia sekitar pukul 12.30 waktu setempat.

“Bapak suka bilang ya sudahlah mau pensiun. Ya sudahlah duniawi I’m down (saya selesai),” kata Armia Putriana, keponakan Azyumardi Azra di rumah duka, Perumahan Puri Laras 2 Jln Pisangan Raya RT 003/09 Blok C 23, Cireundeu, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Minggu (18/9/2022).

Armia kesehariannya mengurus agenda kegiatan almarhum. Jadi yang terakhir kata-kata Azyumardi sudah dianggap agak berbeda.

“Biasanya juga bapak kalau pergi ke luar kota tak lama. Ini di Padang di daerah kelahirannya lebih lama hampir seminggu,” jelasnya.

Selama berada di tanah kelahiran, ia lanjutkan, almarhum tampak begitu bergairah menyantap hidangan khas Padang. Bahkan pas pulang membawa banyak oleh-oleh.

Azyumardi, cerita Armia, beranggapan buah tangan yang dibawanya khusus untuk keluarga serta cucu-cucunya.

**Baca juga: Azyumardi Azra Wafat, ILUNI UIN Jakarta: Pandangannya Cerdas dan Kritis

“Dan mukanya happy bahagia dan bapakkan ada masalah dengan kaki. Suka sakit kalau jalan. Ini tidak. Aku jalan-jalan terus tidak sakit. Aku Sehat. Di situ dia merasa badannya sehat, lagi happy-happy nya. Dan memang lagi bahagia,” cerita Armia menirukan ucapan almarhum.

Diketahui, almarhum Azyumardi Azra pernah menjabat sebagai Direktur Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta periode 2006-2015, pada tahun 1982 S1 Fakultas Tarbiyah IAIN Jakarta, melanjutkan S2 Departemen Bahasa dan Budaya Timur Tengah di Columbia University, tahun 1989 S2 Departemen Sejarah di Columbia University.(yud)