oleh

Finalis Kang-Nong Tangsel Bikin Dewan Juri Ngenes

Kabar6-Panitia penyelenggara audisi Kang-Nong di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dibuat kecewa oleh para finalis yang bersaing untuk terpilih menjadi duta pariwisata.

Pasalnya, para kang nong terbukti tidak mengetahui beberapa pengetahuan yang sangat mendasar yang menjadi penilaian bagi dewan juri ajang tahunan tersebut.

Ya, audisi Kang-Nong yang digelar di Teras Kota BSD, Kecamatan Serpong, dengan melibatkan 250 orang peserta itu, banyak yang tak hafal Pancasila, lagu kebangsaan dan nasional, serta nama Walikota Tangsel.

“Ngenes (kecewa), ngelihat beberapa finalis enggak hafal Pancasila,” ungkap salah satu dewan juri Kang-Nong Tangsel, Yanuar, kemarin.

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Kantor Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangsel itu merasa prihatin pada fakta yang terlihat di lapangan.

Menurutnya, kalangan remaja sudah melupakan Pancasila sebagai dasar negara. Pemahaman dan penerapan sejumlah peserta terhadap nilai-nilai yang terkandung di dalam dasar negara ini pun semakin luntur.

“Ini penilaian yang sangat penting. Sebagai penerus bangsa, bagaimana mungkin bisa diandalkan menjadi pemimpin di masa depan tanpa memiliki bekal pemahaman ideologi dan falsafah negara yang kuat,” sesal Awang, sapaan akrabnya.

Ia menjelaskan, dari 250 orang peserta yang ikut audisi selanjutnya dijaring menjadi 24 finalis. Bagi peserta audisi yang lolos akan mengikuti karantina pada September mendatang.

Awang bilang, selama masa karantina pengetahuan tentang perkembangan dunia lokal, nasional hingga internasional akan digembleng. Termasuk mengikuti sekolah kepribadian agar kelak mereka mampu menjadi sosok generasi yang handal dan siap terap. **Baca juga: Pilkada Tangsel 2015, KPU Ajukan Dana Rp 112 Miliar.

“Kita akan meningkatkan pengetahuan baik mengenai Tangsel bahkan nasionalisme,” jelasnya.(yud)

Berita Terbaru