oleh

Feses Berbau Sangat Menyengat, Bisa Jadi Disebabkan Oleh 8 Hal Ini

Kabar6-Kotoran manusia atau feses memang secara alami memiliki bau yang tak sedap. Namun ada beberapa kasus, di mana kotoran bisa menjadi sangat bau, atau aromanya tercium tidak wajar.

“Kotoran berbau karena bakteri dan produk samping pencernaannya,” kata Samantha Nazareth, seorang dokter ahli pencernaan yang berbasis di New York, Amerika Serikat (AS).

Apa saja sih yang menjadi penyebab kotoran bisa berbau sangat busuk? Melansir Republika, berikut delapan penyebab yang dimaksud:

1. Konsumsi makanan kaya sulfur
Makanan yang mengandung sulfur seperti daging, keju, dan beberapa jenis sayuran seperti brokoli dan kembang kol sangat sulit dicerna dibandingkan makanan lainnya. Selama proses mencerna, usus harus bekerja ekstra dan lebih banyak gas yang dilepaskan.

2. Intoleransi makanan
Jika Anda menemukan kotoran berbau tidak wajar setelah mengkonsumsi makanan tertentu, coba untuk mengevaluasinya terlebih dahulu. Hal ini karena ada kemungkinan bahwa Anda memiliki intoleransi yang mendasarinya.

3. Konsumsi alkohol
Alkohol mengandung banyak sulfat yang diubah di usus menjadi gas sulfida yang berbau menyengat. Dengan konsumsi jumlah tinggi, usus harus bekerja keras untuk meneluarkan kelebihan dari zat di alkohol dan membuangnya melalui feses.

4. Junk food
Makanan olahan siap saji, serta yang mengandung banyak gula sulit dicerna oleh tubuh. Akibatnya, proses pencernaan membutuhkan waktu lebih lama, namun makanan tetap berada di dalam sistem penceranaan lebih lama, sehingga tubuh memproduksi lebih banyak gas.

5. Efek samping obat atau suplemen
Kotoran yang berbau menyengat juga bisa terjadi sebagai efek dari obat atau suplemen yang Anda konsumsi. Beberapa obat diketahui dilapisi dengan zat-zat, seperti sorbitol, yang dapat berfermentasi di usus Anda.

6. Sembelit
Sembelit di mana keadaan kotoran membutuhkan waktu lama untuk melalui usus besar membuat terjadinya proses seperti fermentasi. Untuk sembelit yang situasional, seperti saat Anda sedang dalam perjalanan, cobalan tingkatkan asupan air putih dan konsumsi makanan yang mudah dicerna.

7. Pilihan diet tinggi protein
Bagi orang yang sedang diet tinggi protein atau tinggi lemak, daging dan keju jadi pilihan utama untuk dikonsumsi. Akibatnya, aroma kotoran bisa menjadi lebih menyengat karena tubuh tidak mendapatkan serat dan pada akhirnya memproduksi lebih banyak gas.

8. Infeksi
Infeksi usus dapat bersifat virus, bakteri, atau parasit, dan menyebabkan saluran pencernaan meradang. Gejalanya dapat berupa nyeri perut, muntah, dan bau menyengat pada kotoran.

Periksakan hal ini kepada dokter, utuk mengetahui jenis infeksi yang mungkin Anda miliki. ** Baca juga: Mitos atau Fakta, Jatuh Cinta Bikin Jerawatan

Jadi, perhatikan lagi apa saja yang membuat feses Anda berbau sangat menyengat alias tidak biasa.(ilj/bbs)

Berita Terbaru