oleh

Fenomena Unik di Australia, Matahari Berwarna Merah

Kabar6-Sebuah fenomena unik terjadi di langit negara bagian New South Wales, Australia, yaitu matahari berwarna merah. Diketahui, NSW dan empat negara bagian lainnya sedang mengalami kebakaran lahan sejak sekira dua pekan terakhir.

Kebakaran juga melanda Queensland, Victoria, South Australia dan Western Australia. Banyak warga, melansir watchers, melihat matahari bersinar terang kemerahan di langit pada sore hari. Seorang netizen mengunggah cuitan di Twitter, dengan mengatakan bahwa matahari terlihat merah mengerikan di Sydney. Namun fenomena itu tidak terlihat dalam foto yang diambilnya.

Seorang netizen lain menuliskan, “Matahari bersinar cerah di langit yang berasap abu-abu hari ini.” Ia pun mengunggah foto pemandangan pohon dengan matahari terlihat berwarna merah menyala di atas pepohonan.

Menurut News, fenomena ini terkait dengan gelombang sinar merah dan biru yang dipancarkan oleh matahari. ** Baca juga: Olaf, Sebutan Kodok Puerto Riko Langka Lahir Melalui Teknik Bayi Tabung

Sinar biru terhadang oleh asap yang memenuhi udara sehingga hanya sinar merah, yang memiliki gelombang panjang, bisa menembusnya dan terlihat publik. Disebutkan, inilah yang menjadi penyebab matahari bersinar merah menyala.(ilj/bbs)

Berita Terbaru