oleh

Fenomena Tanah Retak, Warga di India Mengungsi dari Kota Joshimath yang Terancam Ditelan Bumi

Kabar6-Setelah terjadi retakan besar di rumah dan sekitar jalan, puluhan keluarga di Kota Joshimath, Negara Bagian Uttarakhand, India, terpaksa mengungsi.

Pejabat kabupaten setempat, melansir Dawn, menyatakan kawasan itu ‘rawan bencana’ setelah lebih dari 600 rumah dilaporkan retak akibat penurunan tanah atau tanah yang perlahan tenggelam. Hakim distrik Chamoli, Himanshu Khurana, mengatakan bahwa pemerintah federal telah mengerahkan dua tim ke Kota Joshimath untuk menilai situasi yang sebenarnya.

Menurut Khurana, sebanyak 68 KK telah pindah ke tempat penampungan sementara yang disediakan di hotel dan wisma di kawasan yang lebih aman.

“Proses pemindahan lebih banyak warga akan dilakukan dalam waktu dekat,” kata seorang juru bicara pejabat kabupaten. ** Baca juga: Q-bear, Alat Penerjemah Tangisan Bayi di Taiwan yang Berteknologi Kecerdasan Buatan

Sementara itu penduduk Joshimath, terletak di kawasan Himalaya yang rapuh secara ekologis, mengaku telah menyuarakan keprihatinan mereka selama beberapa bulan terakhir. “Isu tersebut baru mendapat perhatian media setelah retakan semakin membesar,” kata seorang warga yang enggan disebutkan namanya.

Dalam sepekan terakhir, otoritas lokal telah menghentikan beberapa proyek konstruksi yang dituding sebagai penyebab krisis setelah ribuan pengunjuk rasa memblokir jalan raya.

Laporan yang disampaikan tim ahli kepada pemerintah menyebutkan sekira 25 persen wilayah Joshimath terdampak akibat penurunan tanah.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email