oleh

Fenomena Aneh, Muncul Danau di Death Valley yang Jadi Tempat Paling Kering di Bumi

Kabar6-Ada fenomena aneh yang terjadi di Death Valley (Lembah Kematian), California, Amerika Serikat. Tidak ada yang pernah menduga, muncul danau di salah satu tempat terkering di dunia itu.

Kemunculan danau itu, melansir ilfscience, terabadikan lewat potret seorang fotografer bernama Elliot McGucken. “Rasanya tidak masuk akal melihat begitu banyak air di tempat paling kering di dunia,” kata. Diketahui, Taman Nasional Death Valley (Death Valley National Park) memegang rekor suhu udara terpanas yang pernah tercatat di Bumi, yakni sebesar 56,7 derajat Celcius, pada 10 Juli 1913.

Rekor ini terjadi di wilayah Death Valley yang bernama Furnace Creek. Tempat itu juga memegang rekor untuk suhu tanah terpanas pada 15 Juli 1972 dengan besar 93,9 derajat Celcius. Pada Juli 2018, Death Valley memegang rekor untuk bulan terpanas yang pernah tercatat dengan rata-rata suhu siang dan malam 42,3 derajat Celcius.

Selain itu, Death Valley juga memiliki curah hujan rata-rata tahunan hanya enam sentimeter, yang menjadikannya salah satu tempat paling kering di Bumi. Namun sebagaimana dituturkan oleh ahli meteorologi bernama Todd Lericos, kondisi tersebutlah yang sebetulnya membuat air lebih mudah menggenang di tempat ini.

“Tanahnya gurun kering dan padat. (Jadi) ini seperti menaruh air di atas beton,” kata Lericos. Tidak perlu hujan terlalu deras dan lama agar danau bisa muncul di Death Valley, sebab di tanah kering seperti gurun, air tidak bisa terserap menyerap. ** Baca juga: Petugas Pemadam Kebakaran Bantu Antar Pizza Karena Kurir Alami Kecelakaan

Tidak jelas luas persisnya danau yang terbentuk itu. Para pejabat dari National Park Service mengirim email kepada McGucken bahwa perkiraan panjang danau itu tepat setelah hujan minggu lalu adalah sekitar 16 kilometer. Danau itu kini masih ada di sana, tetapi luasnya sudah semakin kecil.(ilj/bbs)

Berita Terbaru