Fatal! Gigitan Hewan Paling Mematikan di Dunia

Kadal beracun atau heloderma suspectum.(My Life My Advanture)

Kabar6-Untuk bertahan dari serangan musuh, hewan akan melindungi dirinya melalui serangan mematikan berupa gigitan, sengatan, patukan atau menyusup ke tubuh sebagai parasit.

Di dunia ini ada beraneka macam gigitan dan sengatan hewan yang menjadi penyebab kematian manusia terbanyak. Penasaran? Dikutip dari beberapa sumber, berikut gigitan beberapa hewan yang disebut mematikan:

1. Cacing Guinea, Dracunculiasis, guinea worm disease (GWD)
Cacing guinea sudah lama dikenal sebagai hewan parasit tertua dan reputasi membunuhnya pun sudah tidak diragukan lagi. Tak hanya hewan seperti anjing, kucing, sapi saja, korban manusia pun sering ditemukan.

Namun efeknya tidak berdampak langsung kepada korban. Hewan ini akan masuk ke tubuh melalui air minuman yang sudah terkontaminasi dengan copepoda (kutu air) penuh dengan larva cacing guinea.

Sekira setahun kemudian, cacing bertumbuh semakin panjang dan besar serta menciptakan efek melepuh di kulit biasanya di kaki. Luka melepuh ini akan menyebabkan sensasi terbakar yang sangat menyakitkan. Dan bila tidak segera diobati, infeksi ini akan cepat menjalar ke bagian organ tubuh lainnya sampai menyebabkan kematian.

2. Lebah Asia Raksasa Yak Killer Hornet
Banyak dijumpai di Jepang, memiliki sengatan yang tidak begitu mematikan, tapi cukup memberi sensasi alergi yang mempunyai rasa sensitifitas tinggi. Fakta yang mengejutkan, angka kematian yang dipicu oleh sengatan Yak Killer Hornet jauh lebih banyak jika dibanding dengan jumlah perpaduan serangan hewan lain yang ditemukan di Jepang. Sengatan serangga ini kurang lebih mirip seperti rasa sakit saat paku panas ditempel ke telapak kaki.

3. Monster Gila, Kadal Beracun (Heloderma suspectum)
Spesies kadal sangat beracun dengan tubuh berwarna-warni ini dijuluki dengan nama ‘monster gila’. Habitat asli mereka berada di wilayah Amerika Barat. Hewan ini mempunyai senjata pertahanan diri yang handal dari racun neurotoxin, bisa tersebar lewat satu kali gigitannya saja. Ini semua karena ia tak mempunyai otot rahang yang kuat untuk meremukkan tubuh mangsanya.

Racunnya masuk sempurna ke dalam sistem saraf tubuh korban. Pada umumnya monster gila tidak terlalu agresif untuk menyerang manusia terlebih dahulu, apalagi jika kita menjaga jarak dengan kadal ini.

4. Platypus
Hewan yang bentuknya seperti bebek bercampur berang-berang ini, pada jantan dibekali sebuah cakar racun berbahaya yang terletak di pergelangan kakinya. Untuk seukuran manusia dewasa, hanya satu kibasan saja sangat ampuh untuk melumpuhkan seluruh tubuh, dan dapat memicu hyperalgesia, yaitu tingkat sensitifitas rasa sakit yang bisa bertahan lama sampai berbulan-bulan.

5. Tarantula Hawk Wasp, Tawon Pemangsa Laba-laba Tarantula
Ukuran tubuhnya lima hingga tujuh sentimeter. Disebut-sebut sebagai hewan dengan sengatan paling menyakitkan di dunia. Tarantula Hawk Wasp memang tid,ak sampai menyebabkan kematian manusia dan rasa sakit akibat sengatannya seperti ditusuk pisau listrik. Hal ini berlangsung dalam hitungan tujuh menit saja. ** Baca juga: 4 Operasi Tumor pada Hewan yang Pernah Terjadi

Hii…(ilj/bbs)