oleh

Fakta yang Sebaiknya Anda Ketahui Tentang Telur

Kabar6-Telur adalah salah satu bahan makanan hewani yang dikonsumsi selain daging, ikan dan susu. Umumnya telur yang dikonsumsi berasal dari ayam, bebek, dan angsa. Namun telur-telur yang lebih kecil seperti telur ikan kadang juga digunakan sebagai campuran dalam hidangan (kaviar).

Warna kulit telur yang berbeda berasal dari pigmen yang diproduksi ayam. Jadi, seperti dilansir Boldsky, baik kulit telur yang berwarna putih maupun cokelat, memiliki nilai gizi yang sama dan sehat.

Saumya Satakshi, konsultan gizi dan kebugaran senior kesehatan, mengatakan bahwa telur rendah lemak jenuh serta tidak memiliki lemak trans, dan hanya sejumlah kecil kolesterol. “Sebagian besar lemak yang ada di dalam telur adalah lemak tak jenuh ‘baik’ yang kita perlu sehat. Ini hanya salah satu fakta tentang telur,” katanya.

Ada mitos yang mengatakan, telur meningkatkan kadar kolesterol darah dan harus dihindari. Faktanya, telur tidak meningkatkan kadar kolesterol darah. “Infact seharusnya tidak dihindari karena merupakan sumber protein yang sangat baik. Sementara mengukur dampak makanan pada tingkat kolesterol darah kita, tingkat lemak jenuh dan lemak trans-lemak (yang ‘buruk’) harus diperhitungkan,” ujarnya.

Selain itu mitos lain menyebutkan, mencuci telur sebelum digunakan bisa menghilangkan bakteri salmonella yang ada pada makanan tersebut. “Faktanya, banyak dari kita memiliki kebiasaan mencuci telur sebelum menyimpannya di kulkas. Nah, bakteri salmonella sebenarnya ada di dalam telur dan bukan pada permukaan telur atau kulit telur. Karena itulah, mencuci telur tidak akan benar-benar membantu menghilangkan bakteri.” ** Baca juga: Apa yang Akan Terjadi Jika Pasutri Tidak Aktif Bercinta dalam Jangka Lama?

Anggapan mengonsumsi banyak telur dalam sehari adalah buruk bagi kesehatan, dikatakan Saumya, sebenarnya tidak hanya telur, mengonsumsi semua jenis makanan secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru