oleh

Fakta Unik Seputar Tidur

Kabar6-Tidur yang cukup merupakan kebutuhan mendasar bagi kesejahteraan dan kesehatan tubuh. Sekira sepertiga dari hidup manusia dihabiskan dalam kondisi tidak sadar yang dikenal sebagai tidur.

Namun, tidur bukan hanya sekadar berhenti sehari-hari atau beristirahat secara pasif. Tidur sebenarnya merupakan kondisi aktif yang memperbaharui kesehatan mental dan fisik.

Bisa tidur dengan nyenyak merupakan nikmat yang diinginkan semua orang. Dengan tidur yang nyenyak, maka lelah setelah beraktivitas seharian akan hilang dengan sendirinya dan tubuh akan segar kembali.

Sayang, tidak semua orang bisa tidur dengan nyenyak dan berkualitas, karena adanya beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya gangguan tidur. Selain itu, bila waktu tidur juga tidak mencukupi, tubuh akan terasa kurang segar dan kurang waspada dan mungkin lebih bingung, mudah tersinggung dan terasa lelah.

Kurang tidur bukan hanya mempengaruhi tingkat energi melainkan juga fungsi mental dan fungsi sosial seseorang. Tidur yang kurang juga bisa membahayakan, setiap tahun ada lebih dari 100 ribu kecelakaan yang disebabkan karena tertidurnya pengemudi ketika sedang menyetir.

Lama tidur setiap hari bervariasi pada setiap orang, rata-rata 7-8 jam tidur semalam. Namun yang lebih penting dari sekadar menghitung jam tidur adalah menilai bagaimana perasaan kita masing-masing di siang hari, jika tubuh terasa segar berfungsi dengan baik dan tidak lelah sekalipun ketika sedang duduk dan rileks selama beberapa menit, itu menandakan kalau tidur kita cukup dan berkualitas.

Nah, tahukah Anda ada sejumlah fakta unik seputar tidur, lho. Melansir Sheknows, ini empat fakta unik yang dimaksud:

1. Musik rock justru dapat membuat Anda tertidur
Apakah Anda sulit tidur malam? Jika ya, maka tidak ada salahnya bila Anda mencoba memutar sebuah lagu beraliran rock seperti Coldplay.

Berdasarkan sebuah survei yang dilakukan pada sekira 6.000 orang dewasa di Inggris, para peneliti menemukan bahwa musik rock ternyata lebih dapat membantu seseorang untuk tertidur.

2. Tidur cegah mabuk
Berdasarkan pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Sleep Research, seseorang yang mengonsumsi tiga gelas anggur (wine) tidak akan mabuk bila ia tetap tidur setiap malamnya selama lima hari, walaupun waktu tidurnya kurang dari 7-8 jam.

Namun apabila Anda mengonsumsi suatu minuman beralkohol secara berlebihan, tentu saja Anda tetap akan mabuk, bahkan juga mengalami dehidrasi dan justru sulit tidur.

3. Wanita butuh lebih banyak waktu tidur
Seorang ahli mengatakan, seorang wanita membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak ketimbang pria, yaitu sekira 20 menit lebih banyak.

Hal ini karena wanita merupakan seseorang yang mampu melakukan banyak pekerjaan sekaligus (multitasking), sehingga ia pun menggunakan lebih banyak energi dibandingkan para pria.

4. Wangi bunga bikin tidur lebih nyenyak
Tahukah Anda, mencium aroma bunga di malam hari ternyata dapat membuat Anda merasa mengantuk dan lebih mudah tertidur?

Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan pada 2007 menemukan, para siswa yang mencium aroma bunga mawar saat belajar dan kemudian pergi tidur ternyata memiliki daya ingat yang lebih baik. ** Baca juga: Ketahui Sejumlah Gejala Palsu COVID-19

Tidur menjadi waktu istirahat yang tepat, tidak hanya bagi tubuh, tapi juga untuk pikiran.(ilj/bbs)

Berita Terbaru