Fakta & Mitos Seputar Diet Agar Anda Tidak Keliru

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Agar tampil lebih sempurna sekaligus memiliki tubuh sehat, banyak orang menjalankan program diet.

Di sisi lain, ada banyak mitos seputar diet yang terkadang justru keliru sehingga membuat usaha penurunan berat badan Anda kurang sukses. Dikutip dari beberapa sumber, berikut mitos seputar diet yang dimaksud:

1. Stop makan setelah jam delapan malam
Banyak orang percaya, makan di malam hari membuat berat badan Anda bertambah. Alasannya, sistem metabolisme akan melambat saat tengah malam, sehingga mengakibatkan kalori yang ada dalam tubuh berubah menjadi lemak.

Memang, saat Anda selesai makan kemudian duduk atau tidur-tiduran, sistem metabolisme akan melambat berubah menjadi lemak. Namun begitu Anda bangkit untuk bergerak, tubuh akan kembali memproses lemak yang ada.

Meskipun demikian, Anda sebaiknya cermat memilih hidangan tengah malam, Mengonsumsi gorengan di malam hari,  akan mengakibatkan perut Anda terasa kembung dan tidak nyaman.

Sama halnya, apabila Anda mengonsumsi makanan dengan kadar garam atau gula yang tinggi.

Agar aman, pilih camilan yang lebih sehat seperti buah-buahan, salad sayur, atau kacang-kacangan.

2. Makan dengan porsi kecil, tapi sering
Tidak sedikit orang yang percaya bahwa trik agar diet sukses adalah dengan mengonsumsi makanan dengan porsi sedikit, tetapi sering. Dengan demikian, sistem metabolisme akan memproses makanan tersebut dengan cepat dan mencegah penumpukan lemak.

Padahal satu hal yang mendukung sistem metabolisme tubuh adalah struktur otot. Jadi, semakin terlatih dan semakin kuat otot Anda, maka akan semakin banyak pula lemak dalam tubuh yang terbakar.

Karena itulah tidak mengherankan apabila salah satu tips untuk diet adalah dengan melakukan olahraga endurance atau olahraga fitness dan angkat beban. Anda juga bisa melakukan olahraga power yoga. ** Baca juga: Jangan Berbagi Earphone dengan Orang Lain

Jadi jangan percaya mitos sebelum mengetahui kebenarannya.(ilj/bbs)