Home / Aneka Berita / Sehat / Fakta Mengejutkan Tentang Kesuburan Pria
Ilustrasi/bbs

Fakta Mengejutkan Tentang Kesuburan Pria

Kabar6-Masalah kesuburan pada pria peluangnya sama besar dengan masalah kesuburan wanita. Meskipun di satu sisi, masalah tersebut biasanya lebih sering menghantui wanita ketimbang pria.
Padahal, kesuburan dan kehamilan merupakan isu kesehatan yang menyangkut kedua belah pihak. Baik pria maupun wanita, sebaiknya sama-sama tahu mengenai sistem reproduksi dan kesuburan. Melansir Womenshealthmag, berikut adalah sejumlah fakta mengejutkan tentang kesuburan pria.

1. Penyakit menular seksual merupakan penyebab paling sering dari gangguan kesuburan pria
Penyakit menular seksual seperti klamidia dan gonorea merupakan salah satu penyebab paling sering dari terjadinya gangguan kesuburan pada pria, yang sebenarnya dapat dihindari. Bila terlambat diobati, maka infeksi dapat menyebabkan peradangan dan penyumbatan pada vas deferens.

2. Aluminum berbahaya bagi sperma
Sebuah penelitian baru menemukan bahwa cairan mani yang memiliki jumlah sperma yang lebih sedikit mengandung lebih banyak aluminium.

3. Suhu panas tidak baik bagi sperma
Suhu panas merupakan musuh utama bagi sperma. Berendam di bak berisi air panas atau sauna dapat menurunkan jumlah sperma selama 1-4 bulan setelah paparan. Selain itu, memangku laptop juga dapat membahayakan bagi kesehatan sperma Anda karena panas yang keluar dari laptop. Oleh karena itu, hindarilah kontak langsung antara laptop dengan buah zakar Anda, dan jangan pangku laptop Anda.

4. Penuaan juga pengaruhi kesuburan pria
Berbeda dengan wanita, pria memiliki waktu yang lebih lama untuk masalah kesuburan, akan tetapi bukan berarti kesuburan seorang pria tidak akan pernah berkurang. Seiring dengan semakin bertambahnya usia seorang pria, maka kesuburannya pun akan semakin menurun, walaupun jauh lebih lambat daripada wanita.

5. Menjadi seorang vegetarian tidak baik bagi kesehatan sperma
Meskipun menjadi seorang vegetarian atau vegan baik bagi kesehatan Anda pada beberapa aspek tertentu, sebuah penelitian baru di Amerika menemukan bahwa pria yang tidak mengonsumsi daging memiliki jumlah sperma yang lebih sedikit dibandingkan dengan pria yang mengonsumsi daging. Penurunan jumlah sperma ini juga cukup signifikan.

Selain itu, para peneliti juga menemukan hanya sekira sepertiga jumlah sperma dari seorang pria vegetarian yang aktif. Hal ini tentu saja berbeda jauh dengan jumlah sperma aktif yang ditemukan pada pria yang mengonsumsi daging, yaitu sekira 60 persen.

6. Ganja dapat membahayakan kesehatan sperma
Seperti halnya rokok biasa, merokok ganja juga berbahaya bagi kesehatan sperma. Kandungan THC dalam ganja dapat masuk ke dalam sel lemak tubuh dan menyebabkan terjadinya gangguan hormonal dan membuat sperma berbentuk abnormal.

7. Obat anti depresi dapat merusak DNA sperma
Sebuah penelitian menemukan bahwa obat anti depresi golongan SSRI dapat menyebabkan kerusakan DNA di dalam sperma. Hal ini bukan berarti seorang pria yang mengonsumsi obat golongan SSRI tidak dapat membuat seorang wanita hamil, tetapi mereka berisiko tinggi memiliki anak yang menderita kelainan genetika. Setelah berhenti mengonsumsi obat golongan SSRI, jumlah sperma seorang pria pun akan kembali normal.

8. Obesitas sangat mempengaruhi kesuburan seorang pria
Semakin sehat kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan, maka semakin sehatlah sperma. Jika seorang pria memiliki indeks massa tubuh lebih dari 35, maka akan terjadi penurunan kesuburan dan jumlah sperma yang cukup signifikan. Kabar baiknya, berolahraga secara teratur dan berdiet dapat membantu mengembalikan kesuburan pria dengan berat badan berlebih. ** Baca juga: Benarkah Orang Bertubuh Kurus Sudah Pasti Bebas Lemak?

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

Check Also

Seberapa Efektif Diet Puasa untuk Kesehatan?

Kabar6-Diet puasa (Intermitten fasting) adalah perputaran pola makan kita, di antara waktu makan dan puasa. ...