oleh

Fakta Medis Mengapa Bangun Tidur Suara Jadi Seksi

Kabar6-Bagi banyak orang, suara lawan jenis yang baru bangun tidur terdengar lebih seksi, berat dan serak, dibanding suara asli. Terlebih apabila berbicara lewat telepon.

Bagaimana bisa suara jadi terdengar berbeda ketika seseorang baru bangun tidur? Melansir Klikdokter, seorang direktur bagian Laringologi di The New York Eye and Ear Infirmary of Mount Sinai, Amerika Serikat, benama Michael Pitman, MD, mengatakan bahwa berubahnya suara seseorang saat bangun tidur bisa dijelaskan secara medis. Ketika Anda tidur, seluruh tubuh terdiam dan tidak bergerak selama berjam-jam. Dan hal itu juga berlaku untuk pita suara.

Ketika tak digunakan dalam waktu hitungan jam, pita suara butuh ‘pemanasan’terlebih dulu sebelum dipakai berbicara. Tujuannya, agar bisa menghasilkan suara yang semestinya.

Karena itulah, di awal bangun tidur suara seseorang menjadi lebih berat dan sedikit serak. Anda bisa mendengar suara seksi tersebut lewat panggilan telepon, terutama saat ia hanya menjawab dengan kata “Halo” dan “Iya iya” saja.

Saat pemanasan, aliran darah dapat mengalir ke area pita suara. Kondisi ini mirip dengan penyanyi yang butuh pemanasan dan latihan berkali-kali untuk mendapatkan suara yang sempurna di panggung.

Selain karena pita suara masih kaku di pagi hari, kondisi asam lambung yang naik ke esofagus (saluran yang membawa makanan dari mulut ke lambung) juga berpengaruh. ** Baca juga: Usahakan Tidak Konsumsi Menu Makanan yang Sama Tiap Hari

Ketika Anda berbaring, apalagi dengan bantal yang tipis, asam lambung berisiko naik ke kerongkongan. Akibat asam yang naik dan keluar dari lambung, zat tersebut membuat pita suara meradang serta menebal.

Kondisi ini mirip dengan senar gitar. Semakin tebal senar, maka semakin rendah nada yang dihasilkan. Citra ‘suara seksi’ saat bangun tidur bukan cuma didukung oleh kondisi tubuh, melainkan juga faktor sugesti.(ilj/bbs)

Berita Terbaru