oleh

F-PDIP Desak Pemkab Tangerang Bentuk BUMD PDAL

Kabar6-Maraknya pencemaran sungai akibat limbah pabrik di Kabupaten Tangerang yang harus diminimalisir. Untuk itu, Kabupaten Tangerang perlu membangun BUMD Perusahaan Daerah Air Limbah (PDAL) .

Terkait itu, Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Tangerang mendorong Pemkab Tangerang untuk membentuk BUMD yang khusus menangani air limbah. 

“Kami mendesak Pemkab Tangerang agar tahun dépan membentuk BUMD PDAL,” ujar Sekretaris Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Tangerang Hadi Hartono,Jumat (4/1/2013).

Hadi yang juga Ketua Badan Legislatif DPRD Kabupaten Tangerang ini menjélaskan, adapun yang menjadi konsumennya nanti yaitu industri dan perhotelan serta perumahan.

“Kabupaten Tangerang yang kaya akan industri dan perumahan hingga perhotelan, limbahnya bisa dikelola. Selain menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga mampu menekan pencemaran sungai,”kata Hadi.

Nantinya kata Hadi, BUMD PDAL akan memiliki instalasi penyaluran air limbah ke penampungan yang disediakan. Semua air limbah dari industri, perhotelan dan perumahan disalurkan melalui pipa khusus pembuangan air limbah ke penampungan yang disediakan PDAL nanti.

“Ini akan menjadi terobosan menarik dalam pembangunan di Kabupaten Tangerang. Sudah saatnya Pemkab berinovasi dalam penanganan limbah,” pungkasnya.(dre/*)

Berita Terbaru