oleh

Evolusi Primata Terungkap Lewat Temuan Kera Terkecil dari Jerman Purba

image_pdfimage_print

Kabar6-Temuan Buronius manfredschmi, spesies kera besar baru yang sangat kecil dari Jerman purba, seketika mengubah pemahaman kita tentang evolusi primata di benua tersebut.

Buronius manfredschmi yang diperkirakan memiliki berat hanya 10 kilogram, melansir iflscience, menjadikannya kera besar terkecil yang pernah diidentifikasi. Penemuan tersebut didasarkan pada analisis dua fosil gigi dan satu tempurung lutut yang ditemukan tim ilmuwan pada situs Hammerschmiede di Bavaria.

Situs ini terkenal karena menghasilkan fosil Danuvius guggenmosi, spesies kera besar lain yang berjalan tegak yang hidup di periode waktu yang sama.

Perbedaan ukuran dan adaptasi antara Buronius dan Danuvius menunjukkan bahwa mereka kemungkinan besar menjalani gaya hidup yang berbeda, menempati relung ekologi yang berbeda dan menghindari kompetisi langsung untuk sumber daya.

Buronius, dengan tempurung lutut dan giginya yang menunjukkan kemampuan memanjat yang unggul dan diet makanan lunak, kemungkinan besar adalah pemanjat pohon yang gesit. Di sisi lain, Danuvius, dengan adaptasi untuk berjalan tegak, kemungkinan besar menghabiskan lebih banyak waktu di tanah.

Keberadaan dua spesies kera besar yang berbeda di Hammerschmiede menunjukkan keragaman yang tak terduga dalam komunitas primata Miosen Eropa, dan mendorong para peneliti untuk meninjau kembali situs fosil lain di Eropa dengan harapan dapat menemukan lebih banyak bukti tentang kera purba dan perilaku mereka.

Punahnya kera besar Eropa pada akhir Miosen, kemungkinan besar disebabkan oleh perubahan iklim lokal yang drastis, di mana hutan menyusut dan digantikan oleh padang rumput.Hilangnya habitat dan sumber makanan ini terbukti menjadi batu sandungan bagi kera besar di wilayah tersebut.

Penemuan Buronius manfredschmi adalah pengingat penting akan keragaman evolusi primata dan menyoroti perlunya penelitian lebih lanjut tentang sejarah primata di Eropa. Hal ini juga memberikan wawasan berharga tentang bagaimana spesies beradaptasi dan punah dalam menanggapi perubahan lingkungan.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email