oleh

EVATAR, Robot yang Miliki Sistem Reproduksi Seperti Wanita

Evatar, robot yang bisa menstruasi.(The Sun)
Evatar, robot yang bisa menstruasi.(The Sun)

Kabar6-Meskipun dapat menyerupai bentuk manusia, biasanya robot tidak memiliki organ seperti makhluk hidup. Namun berbeda dengan robot yang satu ini. Para peneliti dari Northwestern University menciptakan EVATAR, robot 3D yang memiliki sistem reproduksi wanita.

Artinya, robot ini pun bisa mengalami menstruasi seperti layaknya wanita normal. Dilansir Intisari, robot ini memiliki Miss V, uterus, serviks, hati, dan tuba falopi yang menjadi satu dalam sebuah kotak, dengan jaringan manusia sehingga bisa meniru siklus menstruasi.

Studi yang dipublikasikan pada Nature Communications menjelaskan, di masa depan para dokter bisa dengan mudahnya mengambil sel induk pasien untuk menciptakan robot tersebut.

Robot dengan sistem reproduksi sepertai wanita.(The Sun)
Robot dengan sistem reproduksi sepertai wanita.(The Sun)

Teknologi terbaru ini bisa membantu para ilmuwan untuk lebih memahami penyakit reproduksi seperti ketidaksuburan, endometriosis dan fibroid, yang menyerang 80 persen wanita.

Alat ini juga memungkinkan dokter untuk menguji keamanan dan efektivitas obat terbaru pada wanita tanpa membahayakan mereka dengan efek sampingnya. Pada 2001 silam, sebuah studi menemukan bahwa dari sepuluh jenis obat-obatan yang ditarik dari pasaran, delapan di antaranya lebih berbahaya bagi wanita dibanding pria.

“Pada dasarnya kami hanya meniru organ-organ wanita tersebut dan melihat bagaimana mereka berhubungan satu sama lain,” kata Teresa Woodruff, pemimpin penelitian ini.

Potongan yang ada dalam kotak robot ini terhubung dengan sel manusia dari setiap organ, kecuali untuk kotak indung telur. Ia terhubung dengan sel indung telur yang diambil dari tikus. ** Baca juga: Kuak Fakta Kelam Kehidupan Wanita Yakuza

“Kita masih memiliki jumlah histerektomi yang besar setiap tahunnya,” kata Teresa. Penelitian membuktikan bahwa penelitian tentang penyakit reproduksi wanita masih sangat dibutuhkan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru