oleh

Evaluasi Trans Anggrek, Dipasang Tanda Rute dan Gratis

Kabar6-Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishukominfo) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melakukan evaluasi dan monitoring pascapeluncuran lima unit armada bus Trans Anggrek Circle Line.

Hasilnya, ada kebijakan dari sejumlah perangkat daerah yang akan segera ditempuh dalam waktu dekat.

Informasi yang dihimpun kabar6.com, Senin (20/4/2015) sekitar pukul 11.20 WIB, jumlah penumpang shift pertama dioperasikan melayani penumpang ada 32 orang.

Setiap penumpang yang tercatat dalam list milik Iskandar selaku pengemudi, dan mayoritas pengguna layanan publik berasal dari kalangan pelajar.

Sekretaris Dishubkominfo Kota Tangsel, Taryono mengatakan, masih sepinya penumpang cukup realistis karena baru sepekan armada transportasi massal itu diujicobakan beroperasi.

Seiring waktu ia optimis jumlah penumpang semakin membeludak. “Setelah evaluasi, setiap bus akan dipasangi rute trayek dan tulisan gratis,” kata Taryono.

Menurutnya, keterangan yang akan terpampang di kaca depan setiap unit bus untuk memberikan kepastian bagi bagi penumpang.

“Setiap shift (jadwal pelayanan) misalkan ada 20 orang. Kalau sehari tiga shift berarti 60 orang per satu unit bus. Itu sudah cukup signifikan kalau moda transportasi ini mulai dilirik masyarakat,” terang Taryono.

Masyarakat, tambahnya, sudah mulai membutuhkan sarana transportasi massal yang nyaman dan kepastian waktu. Layanan bus Trans Anggrek Circle Line coba menawarkan layanan prima kepada warga Kota Tangsel.

Kebijakan itupun untuk mengajak para pelaku usaha angkutan umum perkotaan mau memberikan hal di atas kepada para penumpangnya. Taryono bilang, evaluasi ini bakal dilakukan secara berkelanjutan.

Ia mengaku, operasional Trans Anggrek dibagi menjadi tiga shift. Yakni pagi hari mulai pukul 07.00-09.00, shift siang mulai pukul 11.00-13.00 dan shift sore pada saat jam pulang sekolah dan pulang kerja.

“Setelah evaluasi dengan teman-teman wartawan sekarang ini, besoknya kami juga gelar bersama SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) lainnya,” bilangnya.

Perlu untuk diketahui, Koridor 2 ini merupakan satu dari 8 Koridor yang disiapkan Dishubkominfo untuk Circle Line Tangsel. **Baca juga: Kurang Sosialisasi, Bus Trans Anggrek Tangsel Minim Peminat.

Koridor ini melintasi Terminal Pondok Cabe – Jalan Agus Salim – Jalan RE Martadinata – Jalan Pajajaran – Jalan Siliwangi – Kampus ITI – Jalan Puspiptek – Jalan Taman Tekno – Jalan Buaran Rawa Buntu dan Terminal Intermoda Stasiun Kereta Api Rawa Buntu (yud)

Berita Terbaru