oleh

Evaluasi Kegiatan Tahun 2021 & Perencanaan Tahun 2022 Bappeda Kota Tangerang

Kabar6-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) melakukan sejumlah evaluasi program tahun 2021 dan kajian program pada 2022 mendatang. Dalam evaluasi tersebut terdapat sejumlah capaian yang telah dilakukan Pemkot seperti Indeks Pembangunan Manusia Kota Tangerang meningkat dari 78.25 pada tahun 2020 menjadi 78.50 pada tahun 2021.

Kepala Bappeda Kota Tangerang Sugiharto Achmad Bagdja mengatakan, pada tahun 2021 berdasarkan publikasi Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten bahwa capaian Indeks Pembangunan Manusia Kota Tangerang meningkat dari 78.25 pada tahun 2020 menjadi 78.50 pada tahun 2021.

Peningkatan tersebut didukung dengan adanya peningkatan kualitas Pendidikan meliputi harapan lama sekolah naik menjadi 13.87 tahun, rata-rata lama sekolah naik menjadi 10.83 tahun dan gambaran pemulihan ekonomi dengan adanya perbaikan standar hidup layak dengan angka pengeluaran perkapita naik menjadi 14.575 juta rupiah per tahun dengan angka harapan hidup tetap di kisaran 71.60 tahun.

“Tentu nya capaian ini harus terus kita tingkatkan sejalan dengan target RPJMD Perubahan yang telah ditetapkan yang dapat dicapai melalui upaya-upaya yang dilaksanakan melalui program-program yang telah direncanakan di tahun 2022 yang disertai terobosan atau inovasi oleh OPD,” ujar Sugiharto dalam keterangan tertulisnya, Selasa (21/12/2021).

Ia mengatakan agenda kegiatan Perencanaan Pemerintah Kota Tangerang Tahun 2022 sudah ditetapkan berdasarkan Surat Edaran Walikota No 050/ 5076-BAPP/2021 tanggal 30 November 2021 Tentang Agenda Pemerintah Kota Tangerang Tahun 2022.

Dengan dikeluarkannya agenda kegiatan tersebut agar setiap Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat mengambil langkah-langkah persiapan pelaksanaan dan koordinasi dengan memperhatikan jadwal yang ada di agenda kegitan Pemerintah Kota Tangerang Tahun 2022.

Pihaknya pun berencana akan menggelar lomba kampung tematik di kota Akhlakul Karimah itu pada 2022 mendatang.

“Di awal tahun 2022 Bappeda Kota Tangerang akan bersiap-siap kembali untuk melaksanakan lomba kampung tematik dalam rangka memperingati HUT Kota Tangerang, untuk itu kepada Kelurahan maupun Pengelola Kampung Tematik agar bersiap-siap untuk mengikuti kegiatan ini,” katanya.

Tidak hanya program lomba kampung tematik, ia menargetkan satu data setiap OPD di lingkungan Pemkot Tangerang. Pelaksanaan satu data Indonesia Kota Tangerang, sangat diharapkan dukungan dan kerjasama dari semua OPD selaku produsen data. Sebab demikian, kerena data yang valid dan update memnjadi dasar dalam penyusunan perencanaan pembangnunan yang baik.

Kedepan data bukan hanya disajikan dalam bentuk tabel dan grafik, tapi perlu disajikan dalam bentuk geospasial sehingga data akan lebih memberikan manfaat yang lebih luas, terutama dalam mendorong pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

“Dalam rangka penyellenggaraan satu data, dihimbau Kepada OPD agar segera melwngkapi isian sata dan mengumpulkan kepada Dinas Kominfo selaku walidata karena ketersediaan data akan berperan penting dalam mendukung perencanaan anggaran tahun 2023 terutama pada tahapan evaluasi yg dilakukan oleh Provinsi Banten,” tandasnya. (Adv)

Berita Terbaru