Ethan, Bocah 13 Tahun yang Jadi Kandidat Gubernur di Negara Bagian Vermont

kabar6.com
Ethan Sonneborn.(thecut)

Kabar6-Ethan Sonneborn, bocah berusia 13 tahun, maju sebagai kandidat gubernur di negara bagian Vermont, Amerika Serikat. Ethan merupakan kandidat Partai Demokrat, yang juga siswa kelas delapan Bristol.

Ethan, melansir thecut, akan menghadapi dua penantang untuk nominasi Partai Demokrat di pemilihan internal Agustus depan. Ia menjadikan kontrol terhadap pemilikan senjata api di Vermont sebagai pusat dari isu kampanye, sejak ia mengumumkan ambisi politiknya tahun lalu.

“Generasi saya harus mengambil langkah penting ini karena kamilah yang menjadi korban,” kata Ethan. “Isu ini mempengaruhi kita secara langsung, dan orang-orang mengatakan itu tidak mungkin terjadi di Vermont. Ini akan terjadi di Vermont. Itu akan terjadi di Vermont jika kami segera bertindak,” tambahnya.

Diakui Ethan, undang-undang kontrol senjata api bisa membuat penjualan senjata api bakal anjlok di tengah budaya berburu masyarakat setempat. “Berburu adalah budaya yang saya hormati,” katanya.

“Tapi, jika itu antara membuat keputusan membiarkan teman-teman saya bersenang-senang di lapangan tembak atau mereka mungkin terlibat dalam aksi penembakan sporadis di sekolah, saya memilih undang-undang untuk melindungi mereka yang menjadi korban penembakan di sekolah,” ujarnya.

Diketahui, aksi penembakan secara sporadis jamak terjadi di sekolah-sekolah Amerika Serikat. Tak terkecuali di negara bagian Vermont. Conor Casey, Direktur Eksekutif Partai Demokrat Vermont, menjelaskan bahwa usia Sonneborn yang masih belia memberikan kampanye gubernur kali ini keunikan.

“Ini lucu, penghalang terbesarnya adalah komplikasi untuk pergi sekolah sambil berlaga sebagai gubernur. Tapi ini bukan berarti saya menganjurkan dia keluar dari kompetisi,” kata Casey. “Ia juga tidak memiliki surat izin mengemudi. Maka dia amat bergantung pada orang lain untuk pergi ke sebuah acara di mana dia harus berkampanye.” ** Baca juga: Ajarkan Stereotip Gender, Pria Ini Bawa Kotak Makan Siang Pink

Sementara itu sekretaris Negara Bagian Vermont, Jim Condos, mengatakan, bahwa negara bagian Vermont saat ini tidak memiliki pembatasan usia untuk calon gubernur. Tetapi kantornya kemungkinan akan membahas pembatasan usia minimum untuk tahun depan.(ilj/bbs)