oleh

Enggan Konsumsi Sayur? Ini Akibatnya

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Tidak sedikit orang yang enggan mengonsumsi makan sayur. Salah satu alasannya karena sayur tidak selezat makanan lainnya seperti daging sapi, ayam, telur, atau tempe.

Padahal tanpa adanya asupan sayuran yang cukup, tubuh akan berubah dan akhirnya timbul berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan. Dilansir Bintang dari Live Strong, ada beberapa penyakit dan gangguan yang paling sering terjadi akibat enggan mengonsumsi sayuran.

Salah satunya adalah susah buang air besar (BAB) atau sembelit. Ketika Anda kekurangan sayuran yang mengandung serat, kotoran akan mengeras dan agak sakit ketika mau keluar. Jika hal ini dibiarkan terus menerus, akan melukai dinding-dinding usus. Bahkan, bisa mengakibatkan ambeien.

Selain itu Anda pun bisa menjadi obesitas atau berat badan semakin bertambah. Ketika konsumsi sayuran berkurang, Anda akan lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Padahal berlebihan mengonsumsi makanan tinggi protein, akan meningkatkan risiko kolerik dan juga pengumpulan lemak dalam tubuh. Jarang mengonsumsi sayuran bisa membuat Anda menderita malnutrition atau kekurangan gizi. ** Baca juga: Jangan Salah, Tidak Semua Makanan Berserat Bantu BAB Lancar

Sebelum terlambat, jangan malas mengonsumsi sayuran ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru