oleh

Enam Poin Kerjasama Diajukan Jokowi Kepada Gubernur Banten

Kabar6-Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengajukan 6 point kerjasama kepada Pemprov Banten. Rencana itu diungkapkan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) kepada Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah di Pendopo Gubernur di Kota Serang Banten, Rabu (7/11) siang.

Keenam kerjasama yang diusulkan, di antaranya Pembangunan Cengkareng Green yang merupakan program Kementerian PU, Pendistribusian air dari Waduk Karian, jalur perbatasan Semanan, pembuangan sampah, penanganan banjir dan pembangunan transportasi kereta api Bandara Soetta dari wilayah Jakarta dan perbatasan.

Menurut Jokowi, Pemprov DKI memerlukan dukungan penuh dari Pemprov Banten dalam mewujudkan keenam proyek pembangunan di dua wilayah. Jokowi mengatakan, dengan kunjungannya ke Banten, diharapkan bisa melancarkan penanganan banjir serta permasalahan kemacetan yang saat ini masih menjadi kendala utama di Jakarta.

“Dibangunnya monorel dari Serpong menuju Bandara Soetta diharapkan mampu mengurangi kemacetan di Jakarta,” ujarnya.

Menanggapi kerjasama di bidang air bersih, Jokowi mengatakan kebutuhan air bersih warga Jakarta saat ini dipasok dari Purwakarta. Dengan adanya pembangunan Waduk Karian di Kabupaten Lebak, diharapkan mampu menyuplai pasokan air dan bisa mengatasi sebagian persoalan warga Jakarta.

“Kalau kerjasama air bersih ini berjalan, harganya jangan terlalu mahal agar tidak membebani kehidupan warga Jakarta” ujar Jokowi kepada Gubernur Banten.

Kerjasama tersebut, ditanggapai , Ratu Atut Chosiyah dengan serius. Dengan pertemuan ini Ratu Atut menginginkan sinergi program kerja di kedua wilayah bisa terus ditingkatkan. “Saya selaku Gubernur Banten menyanggupi kerjasama dengan DKI, dan secepatnya akan melakukan koordinasi dengan Walikota dan Bupati di Banten,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini Atut juga mengatakan, penetapan sejumlah kawasan wisata dan kawasan ekonomi khusus oleh pemerintah pusat seperti penetapan kawasan ekonomi khusus Tanjung Lesung dan pembangunan bandara di Banten selatan bisa didukung Pemprov DKI.“Kedepannya hasil dari pembangunan di Banten bisa didukung warga Jakarta,” ujar Atut. (pk/sak)

 

Berita Terbaru