oleh

Empat Negara dengan Jumlah Janda Terbanyak di Dunia

Kabar6-Data yang dihimpun oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebutkan, setidaknya ada 258 juta janda yang tersebar di seluruh belahan dunia, dengan satu di antara 10 janda ini hidup dalam kemelaratan.

Di beberapa bagian timur Republik Demokratik Kongo, misalnya, dilaporkan sekira 50 persen wanita yang ada di kawasan tersebut adalah janda. Melansir Sindonews, data dari The Loomba Foundation mengungkapkan beberapa negara dengan jumlah janda terbanyak di dunia:

1. India
Pada 2010, negara ini menempati urutan kedua dengan jumlah janda mencapai 42,4 juta orang. Namun, pada survei selanjutnya yang diadakan pada 2015, India menempati peringkat pertama dengan jumlah janda sebanyak 46,4 juta jiwa.

2. Tiongkok
Dilansir dari statistik The Loomba Foundation, negara dengan jumlah penduduk terpadat di dunia ini menempati urutan kedua dengan jumlah janda mencapai 44,5 juta jiwa. Jumlah lansia yang menjanda di Tiongkok terus meningkat sejak 2000.

Menurut data survei terakhir, sebanyak 27,9 persen dari populasi berusia 65 ke atas di negara ini telah kehilangan pasangan. ** Baca juga: Pesawat Perang Dunia II yang Hilang Sejak 77 Tahun Lalu Ditemukan di Himalaya

3. Amerika Serikat (AS)
Dari total 134,2 juta pernikahan, Amerika Serikat memiliki 12,8 juta populasi janda pada 2015. Angka ini rupanya mengalami penurunan dari survei pada 2010 yang mencatat adanya 13,6 juta janda di negara ini.

4. Rusia
Rusia menempati urutan keempat dengan total janda berjumlah 11,6 juta jiwa. Angka ini cukup besar, mengingat jumlah pernikahan yang tercatat di negara tersebut hanya 65,2 juta pernikahan.

Jumlah janda yang tercatat di negara ini meningkat cukup besar dari survey awal yang dilakukan pada 2010 sebanyak 7,1 juta janda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru