oleh

Empat Bahaya Mengintip Jika Tubuh Kekurangan Serat

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Selain vitamin atau protein, tubuh pun membutuhkan serat yang salah satunya untuk kesehatan pencernaan. Serat dapat diperoleh misalnya dengan teratur mengonsumsi sayuran.

Nah, bagaimana jika tubuh kekurangan serat? Selain menimbulkan rasa “tidak enak” pada tubuh, ada beberapa bahaya mengintip yang merugikan kesehatan. Dikutip dari Kawaii Beauty Japan, berikut uraiannya:

1. Sembelit
Sembelit adalah kondisi di mana pencernaan kita terganggu, sehingga menghasilkan feses yang kering dan keras. Karena itulah disarankan untuk memperbanyak konsumsi buah tinggi serat seperti apel, pisang, wortel, brokoli, dan biji-bijian. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi air putih secukupnya, dan rutin berolahraga.

2. Kenaikan berat badan
Makanan berserat tinggi akan membuat Anda merasa kenyang dalam jangka waktu lebih lama. Jadi jika Anda kurang mengonsumsi makanan yang tinggi serat, bisa dipastikan akan mengalami kondisi sering mengalami rasa lapar. Hal inilah yang menyebabkan berat badan akan terus naik.

3. Kadar gula darah tidak stabil
Kekurangan konsumsi serat adalah salah satu penyebab utama timbulnya penyakit diabetes. Solusinya adalah menerapkan diet buah dan sayur yang sangat efektif untuk mengontrol kandungan gula darah dan menurunkan kolesterol dalam tubuh.

4. Muncul berbagai penyakit
Kurang mengonsumsi serat berkaitan erat dengan munculnya beberapa penyakit berbahaya seperti kencing manis, obesitas, hiperlipidemia, kanker usus besar, hipertensi, wasir, divertikulosis, batu empedu, dan hernia. ** Baca juga: Sering Duduk Bisa Timbulkan Lima Hal Berikut

Biasakan mengonsumsi serat setiap hari secukupnya, untuk menjaga kesehatan pencernaan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru