Emak-emak di Pakulonan Dapat Pelatihan Paper Flower

kabar6.com
Emak-emak di Pakulonan Dapat Pelatihan Paper Flower. (fit)

Kabar6-Puluhan emak-emak di Kelurahan Pakulonan Serpong Utara dan Pakulonan Barat Kelapa Dua mendapatkan pelatihan membuat paper flower.

Kegiatan yang melibatkan perwakilan 5 RW di Pakulonan dan Pakulonan Barat ini merupakan kegiatan CSR dari PT Indah Kiat Pulp and Paper ini bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat.

“Pelatihan paper flower ini untuk memberikan keterampilan kepada peserta yang juga masyarakat sekitar pabrik,” kata Solikhul Fatikhin, Head of Suistability PT Indah Kiat Pulp and Paper Tangerang, Jumat (14/9/2018).

Menurutnya, peserta bukan hanya dilatih pembuatan paper flower. Tetapi, peserta juga dibantu dalam pemasaran dan pangsa pasarnya.

“Kita tidak berhenti hanya di pelatihan saja. Akan tetapi, kita juga adakan pendampingan setelah pelatihan,” ujarnya.

Biasanya, kata Kholisul, paper flower untuk dekorasi acara pernikahan ataupun keluarga saat ini sedang hits.

“Kita harapkan dengan pelatihan ini peserta dapat memperdalam hingga mampu memproduksi sendiri. Hasilnya bisa menambah penghasilan peserta,” terangnya.

Sementara, Head of CSR PT Indah Kiat Pulp and Paper Tangerang Lily Yulianingsih menuturkan, selain pelatihan, perusahaan yang memproduksi kertas ini juga membantu sarana pendukung. Seperti backdrop palet dekorasi serta peralatan lainnya.

“Yang ikut pelatihan sebanyak 18 orang dari perwakilan lima RW di Kelurahan Pakulonan dan Pakulonan Barat. Kita harapkan peserta pelatihan dapat mandiri dan mampu memproduksi hasil kreativitas masyarakat,” terangnya.

Ditambahkan, Instruktur pelatihan Paper Flower dari Jelita Craft, Lita menuturkan, pangsa pasar untuk paper flower biasanya dipakai dalam acara pernikahan maupun acara keluarga. Paper Flower ini dapat dijadikan foto booth dalam sebuah acara.

“Tidak hanya mengajarkan pembuatan paper flower. Kita juga memberikan edukasi bagaimana pemasaran, bahan baku serta negosiasi,” ucapnya. **Baca juga: Arief Kecewa Kualitas Proyek Gedung MUI Pinang.

Sementara, salahsatu peserta pelatihan paper flower, Sri Maasih mengapresiasi pelatihan paper flower ini. Menurutnya kegiatan positif ini dapat menambah penghasilan keluarga.

“Terima kasih PT Indah Kiat yang telah memberikan kesempatan kepada kami yang memberikan ilmu baru dan wawasan tentang pembuatan paper flower. Tentunya, paper flower ini dapat memberikan incom tambahan keluarga,” tandasnya. (fit)