oleh

Efek Buruk Stres yang Sebaiknya Anda Ketahui

Kabar6-Stres adalah reaksi tubuh yang muncul saat seseorang menghadapi ancaman, tekanan, atau suatu perubahan. Stres juga dapat terjadi karena situasi atau pikiran yang membuat seseorang merasa putus asa, gugup, marah, atau bersemangat.

Kondisi psikis yang satu ini merupakan hal yang sangat normal untuk dirasakan, namun bukan berarti Anda bisa membiarkan stres terus menerus menguasai diri. Jika hal tersebut terjadi, timbul beberapa efek buruk stres yang akan Anda rasakan dan dampaknya cukup mengerikan.

Apa saja sih efek buruk stres yang seringkali terjadi pada banyak orang? Melansir Popbela, berikut uraiannya:

1. Hilangkan kemampuan untuk mengendalikan emosi
Emosi yang dimaksud tak hanya amarah, tetapi rasa sedih dan bahagia yang dapat muncul secara berlebihan sehingga tanpa disadari dapat mengganggu kejiwaan juga.

2. Insomnia
Saat seseorang mengalami stres, maka jam tidur yang dimiliki pun menjadi tidak berkualitas. Hal tersebut merupakan salah satu efek buruk stres yang kerap kali menyerang banyak orang, umumnya seseorang yang sudah bekerja atau menikah.

3. Nafsu makan menjadi tak terkendali
Efek buruk stres yang dapat dialami berkaitan dengan nafsu makan yang menjadi tak memiliki kendali. Dapat menjadi sulit makan atau malah menambah nafsu makan.

Keduanya berdampak negatif untuk kesehatan tubuh, karena segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik.

4. Sistem kekebalan tubuh menurun
Jika nafsu makan dan jam tidur cukup berantakan, maka efek buruk stres yang menyebabkan keduanya bisa berdampak pada sistem kekebalan tubuh yang menjadi menurun.

Kondisi tersebut dapat membuat tubuh seseorang menjadi mudah terserang berbagai penyakit, termasuk salah satunya adalah berkembangnya sel kanker.

5. Merusak kulit dan rambut
Efek buruk stres lainnya adalah dapat merusak jaringan kulit sehingga mempercepat proses penuaan serta dampak buruk lainnya bagi rambut, yaitu dapat membuat rambut menjadi rontok.

6. Gangguan jiwa
Efek buruk stres yang paling dihindari oleh semua orang adalah ketika stres sudah berubah menjadi depresi hingga mengganggu area kejiwaan atau yang biasa disebut juga sebagai gangguan jiwa.

Akibat paling fatal jika seseorang mengalami gangguan jiwa adalah hilangnya pikiran rasional yang dapat menyebabkan keinginan bunuh diri.

Meskipun stres sering dianggap normal dan tidak berbahaya, beberapa efek buruk stres ternyata berdampak cukup besar pada diri seseorang, bahkan dapat mengancam jiwa. ** Baca juga: Pakar Sebutkan 5 Fakta Lain Penyebab Depresi

Jadi, untuk menghindari beberapa hal tersebut, Anda harus belajar untuk mengontrol stres serta menjaga kesehatan jiwa dengan baik.

Karena itulah, penting sekali untuk belajar mengendalikan rasa stres dengan melakukan kegiatan yang mampu menenangkan pikiran.(ilj/bbs)

Berita Terbaru