oleh

Edan! 2 Pria Ini Menikah untuk Hindari Pajak

Kabar6-Apa yang dilakukan Michael O’Sullivan dan Matt Murphy memang tergolong unik bahkan nyeleneh. Diketahui, pria yang sama-sama berusia 80-an tahun asal Irlandia itu telah bersahabat lebih dari 30 tahun.

Saat ini Michael menjadi pengurus Matt dan ingin mewariskan seluruh harta miliknya untuk Matt. Dengan warisan dan hadiah lainnya itu, Matt harus memberikan 33 persen dari nilai harta yang akan diterimanya kepada pemerintah Irlandia.

Kewajiban itu, seperti dilansir Independent, berdasarkan undang-undang pajak warisan yang disebut Capital Acquisition Tax (Cat) di Irlandia. Pajak tersebut tidak akan ditarik bila warisan itu diberikan kepada suami/isteri atau pasangan sipilnya. Nah, karena alasan itulah Michael dan Matt memutuskan bahwa pernikahan adalah jalan terbaik agar mereka bisa terhindari dari kewajiban membayar pajak warisan.

Dalam sebuah wawancara, Matt mengatakan bahwa Michael adalah sahabat terbaiknya dan mereka memutuskan untuk menikah. Alasannya, ‘karena Michael adalah bagian dari hidupnya dan bila ia meninggal, rumah dan lainnya tidak akan bermasalah, ia bisa memiliknya’.

“Bila ia mendapat bayaran dengan merawatku di usai tuaku ini. Aku pikir ini adalah sebuah cara yang sangat bagus yang ada di pikiranku, dan sekarang ini menjadi resmi,” kata Matt.

Menurut laporan RTÉ, Michael O’Sullivan adalah seorang duda dan ayah tiga anak yang telah dewasa. Matt dan Michael telah bersahabat selama tiga dekade.

“Aku kenal Matt sudah 29 tahun, sama dengan usia putriku. Ia tinggal di daerah yang sama di mana aku besar, yaitu di Stoneybatter. Ia adalah salah seseorang yang menyenangkan bagi siapapun yang telah mengenalnya di dalam kehidupan mereka,” kata Michael O’Sullivan.

Jika salah satu meninggal, otomatis rumah dan lainnya jatuh kepada pasangan lainnya. “Aku cinta Matt tetapi bukan secara seksual. Aku dalam perawatannya sekarang dan Matt bilang padaku suatu hari bahwa itu bukan ide yang buruk,” kata Michael.

Ditambahkan, anak-anaknya tidak memasalahkan pernikahan yang akan segera berlangsung itu, karena mereka sudah mengenal Matt bertahun-tahun. Pasangan itu berencana untuk menikah pada 22 Desember lalu, namun ditunda menjadi Januari karena cuaca buruk. ** Baca juga: Bagaimana Cara Orang Korea Utara Bersenang-senang?

Pernikahan sesama jenis dilegalkan dan menjadi populer di Irlandia sejak 16 November 2016 lalu, lewat pemungutan suara yang digelar pada 22 Mei 2015 lalu. Pasangan sipil dijamin pada 2010 tetapi tidak mendapat persamaan hak dan tanggung jawab dalam pernikahan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru