oleh

Dziwozona, Makhluk Mitologi Slavia yang Doyan Culik Bayi

Kabar6-Di antara roh-roh jahat lain yang memerintah dunia rawa, adalah Dziwozona atau disebut juga Mamuna, yaitu adalah iblis rawa perempuan dalam mitologi Slavia.

Makhluk ini, messagetoeagle, diyakini jahat dan berbahaya dengan bentuk seorang wanita tua jelek yang memiliki tubuh berbulu. Ia mengenakan topi merah dengan ranting pakis melekat padanya.

Dziwozona dikatakan menculik bayi manusia tepat setelah mereka lahir dan menggantinya dengan anak-anaknya sendiri, yang memiliki tubuh tidak proporsional yaitu cacat tertentu (kepala besar atau sangat kecil, perut besar, tubuh berbulu dan cakar panjang).

Slavia Kuno percaya, untuk melindungi anak dari penculikan oleh Dziwozona iblis, seorang ibu harus mengikat pita merah di tangannya (kebiasaan ini masih dipertahankan di beberapa daerah di Polandia), atau mengenakan topi merah di kepala dan melindungi wajahnya dari cahaya bulan.

Seandainya Dziwozona berhasil menculik seorang bayi, sang ibu yang kehilangan anaknya harus membawa changeling ke tempat sampah, mencambuknya dengan ranting pohon birch dan menuangkannya ke atas air dari kulit telur, sambil berteriak “Ambil milikmu, kembalikan milikku !”

Changeling adalah sosok hantu yang meniru penampakan anak-anak di sekitar Anda. Changeling muncul sebagai ‘pengganti’ jika seorang anak dicuri oleh makhluk-makhluk gaib sebagai santapan. Biasanya, wujud changeling sangat mirip dengan sosok anak kecil yang Anda kenal. ** Baca juga: Por Bajin, Pulau Misterius yang Tak Diketahui Asal Usulnya

Hingga pada satu titik di mana Dziwozona merasa kasihan pada keturunannya dan membawanya pergi, serta mengembalikan yang ia curi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru