oleh

Dukung PEN, DJBC Banten Kolaborasi Dengan LPEI Jakarta Asistensi UMKM

Kabar6-Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Provinsi Banten bersama dengan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) bersepakat berkolaborasi untuk mendampingi, mengedukasi dan mengasistensi pengusaha khususnya UMKM untuk bertahan dalam menghadapi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Kerjasama ini dibentuk bertujuan agar para UMKM dapat meningkatkan produksinya hingga ekspor ke pasaran Internasional.

Hal itu berdasarkan hasil diskusi antara Kanwil DJBC Banten bersama Kanwil LPEI Jakarta pada Senin 22 Februari 2021.

Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, Moh Saifuddin menyampaikan, kolaborasi ini ditindaklanjuti dengan aksi nyata di lapangan, bertujuan agar pengusaha benar-benar dapat mengetahui dan memanfaatian semua fasilitas yang diberikan pemerintah, baik itu lewat Bea Cukai mahpjn LPEI.

“Sehingga dukungan pemerintah di masa sulit seperti sekarang ini benar-benar dapat dirasakan oleh para pengusaha industri dan UMKM,” ujarnya kepada Kabar6.com melalui rilis yang diterima pada Minggu (28/2/2021).

Saifuddin mengatakan, pihaknya melakukan 3 aksi nyata dalam mendukung Program PEN, yaitu pemberian relaksasi peraturan dan insentif fiskal, simplifikasi regulasi dan prosedur kepabeanan, kemudian Peningkatan ekspor dan pemberdayaan IKM.

Terkait dengan fasilitas-fasilitas, Saifuddin menerangkan, yang telah diberikan kepada pengusaha adalah fasilitas Pusat Logistik Berikat (PLB), Kawasan Berikat (KB), Gudang Berikat (GB).

Lanjutnya, ada Tempat Penyelenggaraan Pameran Berikat (TPPB), Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE), Kemudahan Impor Tujuan Ekspor Industri Kecil Menengah (Kite IKM), dan Fasilitas Pembebasan Etil Alkohol (EA).

“Secara garis besar fasilitas-fasilitas tersebut berkaitan dengan pembebasan atau penangguhan Bea Masuk bahan baku dan atau bahan penolong untuk industri dan UMKM yang ditujukan untuk ekspor,” terangnya.

**Baca juga: Dirjen Bea Cukai Banten Bersama Kejari Tangerang Musnahkan Ribuan Rokok Ilegal

Kemudian, dari LPEI pun menawarkan berbagai bentuk dukungan kepada industri dan UMKM lewat program penyaluran pembiayaan (dukungan penambahan modal) ekspor.

“Kemudahan bagi pengusaha yang telah melakukan eskpor dan jasa konsultasi kepada pelaku usaha yang berorientasi ekspor untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas usaha,” tutupnya.(eka)

Berita Terbaru