oleh

Dubai Bangun Rumah Sakit Khusus Unta Pertama di Dunia

Kabar6-Dubai membangun sebuah rumah sakit khusus unta yang pertama di dunia bernama Dubai Camel Hospital, dilengkapi dengan peralatan medis lengkap, bersih, termasuk ruang khusus operasi.

Pembangunan rumah sakit ini, dilansir Dailymail, menelan biaya sebesar Rp162,2 miliar. Tidak tanggung-tanggung, hewan berpunuk tersebut ditangani oleh sebuah tim dokter spesialis hewan internasional.

Unta menjadi suatu bagian penting dalam warisan budaya negara Uni Emirat Arab. Lomba balap dan lomba kecantikan unta merupakan sebuah rekreasi favorit bagi penduduk setempat. Unta dari keturunan yang baik harganya bisa mencapai jutaan dolar dalam pelelangan di negara tersebut.

“Kami harus merawat unta-unta ini bukan hanya perkembangbiakan dan membesarkan hewan itu saja, tetapi juga dapat mengobati mereka,” kata direktur Rumah Sakit Unta, Mohamed Al Bulooshi.

Dubai Camel Hospital bisa merawat hingga 20 ekor unta. Rumah sakit ini juga memiliki jalur lomba mini untuk melatih unta berlari kembali setelah menjalani prosedur pengobatan. Semua peralatan di rumah sakit ini diadaptasi dari peralatan medis kuda untuk mengakomodasi perawatan bagi unta. ** Baca juga: Ladang Pertanian di Texas Jadi Pusat Antropologi Forensik

Menurut Ahsan Ul Haq, kepala marketing dan keuangan di Dubai Camel Hospital, untuk biaya operasi unta dimulai dengan harga Rp14,9 juta. Sedangkan biaya penggunaan sinar-X atau ultrasound sekira Rp1,6 juta. Rumah Sakit Unta juga bertujuan untuk membantu penelitian dan pengembangan pengobatan unta, dan mengungkap rahasia dari hewan gurun ini.(ilj/bbs)

Berita Terbaru