oleh

Dua Ribuan Hewan Ternak di Banten Terjangkit PMK Jelang Idul Adha

Kabar6-Sebanyak 2.057 ekor hewan ternak terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di wilayah Banten, jelang Idul Adha 2022. Mayoritas berada di Tangerang Raya.

Kenaikan itu disebabkan oleh meningkatnya lalu lintas pengiriman hewan ternak di wilayah Banten. Pemerintah menerangkan tengah menggenjot vaksinasi bagi hewan ternak, terutama yang terjangkit PMK.

“Mayoritas akibat mobilitas ternak menjelang Idul Adha. Untuk tingkat kesembuhan mencapai 36 persen sampai 42 persen, kata Pj Gubernur Banten, Al Muktabar, melalui rilis resminya, Selasa (05/07/2022).

Pj Gubernur Banten menjelaskan pemprov sudah menerima 1.100 dosis vaksin PMK dan akan meminta lagi ke Kementrian Pertanian dengan jumlah yang sama untuk dibagikan ke peternak.

Mantan Sekda Banten itu menerangkan, Indonesia kembali menerima vaksin PMK dari Prancis dengan merk Aftopor, sebanyak 94 ribu dosis pada Senin, 04 Juli 2022.

Masih dalam rilis yang sama, tertulis Indonesia telah menerima 3,1 juta dosis vaksin PMK yang telah datang pada 12 Juni sekitar 10 ribu dosis dan 16 Juni 2022 sekitar 3 juta dosis.

**Baca juga: Polisi Tangkap Gadis Terduga Pembuang Bayi di Serang

Dosis PMK itu tersimpan di gudang pendingin terminal Kargo 520 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Nantinya, vaksin itu akan disebar oleh Kementrian Pertanian ke daerah yang membutuhkan.

“Vaksin akan didistribusikan ke daerah sesuai prioritas penyebaran untuk digunakan secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel,” jelasnya.(Dhi)