oleh

Drainase di Jalan Raya Pandeglang Labuan Dituding Penyebab Banjir, Pemerintah Didesak Segara Carikan Solusi

Kabar6- Kondisi di ruas jalan nasional jalur Labuan-Pandeglang, tepatnya di Desa Sindangsari Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang, kerap digenangi air dan dipenuhi sampah saat diguyur hujan hal itu dikeluhkan warga.

Sebab sampah yang terbawa arus saat diguyur hujan menutupi dan menggenang disepanjang jalan membuat kampung kebanjiran. Kondisi tersebut, dipicu oleh saluran drainase di ruas jalan tersebut tidak berfungsi maksimal.

Bahkan dampak dari drainase yang tidak berfungsi maksimal, warga menyebut membuat dua kampung di Desa Sindangsari kerap mengalami kebanjiran.

“Kalau ada hujan lingkungan dua RT 3 di Desa Sindangsari itu kebanjiran terus,” keluh Ketua BPD Desa Sindangsari Kecamatan Pagelaran Enjat, Kamis (9/6/2022).

Sejauh ini dirinya mengaku sudah berkoordinasi dengan beberapa pihak, ironisnya hingga kini belum ada penanganan terhadap saluran air yang bersumber dari situ Cikedal untuk mengaliri air ke wilayah Pagelaran dengan baik.

“Konsultasi dengan beberapa pihak sudah, supaya saluran dari situ Cikedal ini bisa mengalir dengan baik ke Pagelaran. Namun hingga saat ini belum ada solusi,”jelasnya.

Lantaran belum ada tindakan dari pemerintah, pihak Kecamatan Pagelaran beserta warga Desa Sindanglaya dan juga pihak pemerintah kecamatan Cikedal beserta pemerintah desa Babakanlor, sempat gotong royong membersihkan sampah di lokasi tersebut.

” Langkah itu (gotong royong) bagian dari solusi untuk mengantisipasi banjir di kampung kami,”ungkapnya.

Enjat menyebutkan tersumbatnya saluran tersebut diduga bermula adanya penyempitan setelah adanya perbaiki drainase. Padahal dulunya saluran tersebut sangat lebar dan cukup menampung volume air. Untuk itu, Enjat mendesak pihak berwenang untuk segera memperbaiki saluran drainase tersebut.

**Baca juga: Bupati Klaim Kasus PMK Belum Ditemukan di Pandeglang

“Ini akibatnya ada perbaikan drainase yang menjadi penyempitan. Maka kami meminta kepada pemerintah untuk mencari solusi terkait masalah ini,”pintanya.

Saat berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi dari pihak pemerintah terkait keluhan warga terhadap kondisi drainase di jalur Labuan-Pandeglang, tepatnya di Desa Sindangsari Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang.(aep)