oleh

Dr Istiani: WBP di Lapas Harus Kuasai Cara Mengelola Stres dan Komunikasi Efektif

Kabar6-Mengalami stress merupakan hal alamiah untuk setiap manusia, termasuk bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP). Hal itu diungkapkan Dr istiani, salah satu tim penyusun buku saku untuk WBP dan juga Dosen Psikologi di Binus University Alam Sutera Tangerang.

Istiani menjelaskan, didalam lembaga pemasyarakatan (Lapas), interaksi diantara WBP menjadi sangat krusial dan dapat berkembang menjadi stressor.

“Langkah antisipasinya, WBP harus dapat mengenali stressor dan bagaimana cara pengelolaannya,” kata Dr Istiani kepada kabar6.com, Selasa (2/10/2018).

Kata istiani, dalam pengelolaan stress, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Yakni mengenai gejala stress dan menanggulangi situasi stress (coping) yang sesuai untuk setiap individu.

“Pengelolaan stress dan mengenali gejala-gejalanya penting untuk dapat mendorong dan menganalisa coping yang sesuai untuk setiap individu,” terangnya.

Selain itu pengelolaan stres, lanjut Istiani, komunikasi merupakan hal yang sangat penting untuk dikelola guna mewujudkan komunitas yang sehat mentalnya.

**Baca juga: Tim Medis Lapas Perempuan Tangerang Kaderisasi 29 WBP.

“Mengelola komunikasi efektif adalah suatu keterampilan untuk dapat memfasilitasi komunikasi efektif antar WBP,” paparnya. (fit)

Berita Terbaru