oleh

DPUPR Banten Kucurkan Anggaran 60 Miliar Untuk Jalan di Pandeglang, Ini Titik Fokusnya

Kabar6- Demi jalan di Kabupaten Pandeglang mulus alias dalam kondisi baik, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Banten kucurkan anggaran sebesar Rp 60 miliar untuk penanganan jalan provinsi di Pandeglang di tahun 2022.

Kepala DPUPR Provinsi Banten Arlan Warzan mengatakan, anggaran sebesar itu bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Banten tahun 2022, untuk penanganan ruas jalan Mengger – Caringin, pemeliharaan rutin dan penanganan jalan longsor di Kecamatan Sumur.

“Kita ada pemeliharaan rutin sebesar Rp 18 miliar, kemudian pembangunan betonisasi di ruas Mengger – Caringin itu. Jadi total anggaran secara keseluruhan untuk Pandeglang saja Rp 60 miliar,” ungkap Arlan saat ditemui di Pandeglang, Senin (8/8/2022).

Fokusnya kata dia, penanganan jalan tersebut diantaranya jalan longsor di Sumur dan Mengger – Caringin. Namun untuk ruas Mengger – Caringin tersebut dilakukan pemeliharaan rutin dan pembangunan betonisasi yang baru saja penandatanganan kontrak.

“Tahun ini kita fokuskan di dua titik, Mengger – Caringin dan jalan longsor yang di Kecamatan Sumur. Ada beberapa yang sudah mulai kontrak dan ada juga yang baru mulai lelang. Karena kemarin ada kendala yang berkaitan dengan penyesuaian harga,” katanya.

Kalau untuk penanganan longsor lanjut dia, sudah mulai dilakukan di lapangan, dan titik lain di ruas jalan Mengger – Caringin sudah mulai membuat badan jalan.

“Selain Mengger – Caringin dan jalan Longsor. Ada juga ruas jalan di Pandeglang yang kami intervensi, namun fokusnya tahun ini di dua titik itu ( Mengger – Caringin dan jalan Longsor, red),” ujarnya.

Untuk ruas jalan Mengger – Caringin tambah dia, dilakukan penanganan secara bertahap, tidak bisa sekaligus dibangun tahun ini. Namun, teknis penanganannya di pilah – pilah.

**Baca juga: Biaya Pembangunan Tol Serang-Panimbang Dapat Ngutang dari Cina, Luhut: Jangan Sampai Mubazir

“Bertahap pembangunannya. Kita prioritaskan jalan yang rusak berat dulu, kemudian tahun 2023 mendatang juga akan ada lagi,” ujarnya.

Diketahui, kondisi ruas jalan Mengger – Caringin mengalami kerusakan yang cukup parah. Sehingga penanganannya dilakukan sesegera mungkin. “Ruas jalan Mengger – Caringin dan yang longsor itu sifatnya urgen, maka kita prioritaskan,” tandasnya.(aep)