oleh

DPRD Soroti Tingginya Angka HIV/AIDS di Banten

Kabar6-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten menyoroti tingginya angka penderita Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) di Banten.

Sepanjang 2017, jumlah penderita HIV/AIDS di tanah jawara tercatat sebanyak 3.526 orang penderita HIV, 1.871 orang penderita AIDS dan 3.555 orang meninggal akibat mengidap penyakit tersebut.

Pihaknya mengaku sangat prihatin terhadap kondisi anggaran di Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN) Provinsi Banten.

Sebelumnya, anggaran yang dialokasikan ke lembaga independen yang bertujuan untuk meningkatkan upaya pencegahan dan penanggulangan AIDS yang lebih intensif, menyeluruh, terpadu dan terkoordinasi di Indonesia ini sebesar Rp2 miliar pertahun.

Namun, saat ini untuk anggaran tahun 2018 hanya Rp1 miliar, padahal berdasarkan Perpres 75 Tahun 2006, sebagaimana perubahannya Nomor 124/2016, dan Permendagri Nomor 20/2006, bahwa KPAN dapat dibiayai melalui skema hibah secara terus-menerus.**Baca Juga: 9 Pegawai Disdukcapil Kabupaten Tangerang Raih Penghargaan.

“Idealnya anggaran KPAN, harusnya lebih tinggi dari tahun sebelumnya, bukan malah dipangkas, mengingat jumlah penderita HIV/AIDS di Banten ini makin meningkat,” ujarnya, Jumat (5/1/2017).(Tim K6)

Berita Terbaru