oleh

DPRD Lebak Setuju Rumah Warga Penerima Bansos Ditempel Stiker Keluarga Miskin

Kabar6-Komisi III DPRD Kabupaten Lebak setuju dengan rencana Dinas Sosial (Dinsos) yang akan menempel rumah warga penerima bantuan sosial (bansos) dengan stiker Keluarga Miskin.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Lebak Acep Dimyati mengatakan, meski kurang elok dari sisi kemanusian, namun penempelan stiker di rumah penerima bansos diyakini dapat mengatasi persoalan tidak tepat sasarannya bantuan.

“Kalau dari sisi kemanusian memang enggak etis ya, tapi demi bantuan tersebut supaya tepat sasaran memang harus dilakukan,” kata Acep saat dihubungi Kabar6.com, Senin (16/1/2023).

Berkaca pada daerah lain, kata Acep, penempelan stiker Keluarga Miskin di rumah warga penerima bansos ternyata dapat mengurangi angka rumah tangga miskin.

“Jadi ketika tidak ditempel stiker jumlah kemiskinan bisa mencapai 30 persen tapi setelah ada kebijakan pemasangan stiker angkanya hanya sekitar 10 persen,” ungkap politisi PKB ini.

**Baca Juga: Kernet Mobil Kebersihan DLH Kota Tangerang Meninggal Usai Jatuh, Diduga Penyakit Kambuh

Acep menegaskan bahwa tidak bisa menutup mata bahwa banyak keluarga yang seharusnya tidak masuk dalam kriteria penerima bantuan justru menikmati, dan sebaliknya keluarga yang seharusnya layak malah tidak mendapatkan.

“Karena persoalan di kita adalah persoalan pendataan yang bermasalah. Stiker ini bisa membantu kita semua dalam mengontrol dan benar-benar memastikan apakah warga tersebut layak atau tidak sebagai penerima bansos,” terang Acep.

Lebih lanjut Acep menyebut, sudah banyak laporan mengenai bantuan pemerintah yang tidak tepat sasaran, akan tetapi seolah tidak ada cara yang bisa mengatasi persoalan tersebut.

“Walaupun dari sisi kemanusiaan ini kurang etis, tapi semoga ini akan efektif agar bantuan benar-benar tepat sasaran dan tidak diselewengkan,” harap dia. (Nda)

Print Friendly, PDF & Email